Note

Zelensky: Rusia Lakukan Kejahatan Perang dan Bantai Warga Sipil di Kherson

· Views 27
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menuduh tentara Rusia melakukan kejahatan perang dan membunuh warga sipil di Wilayah Kherson. Sebagian dari wilayah itu telah direbut kembali oleh tentara Ukraina pekan lalu, setelah pasukan Rusia menarik diri dari sana.

“Para penyelidik telah mendokumentasikan lebih dari 400 kejahatan perang Rusia. Mayat-mayat warga sipil dan prajurit yang tewas telah ditemukan,” kata Zelensky dalam pidatonya yang disiarkan lewat video pada Minggu (13/11/2022) malam.

“Tentara Rusia meninggalkan kebiadaban yang sama seperti yang terjadi di wilayah-wilayah lain negara (Ukraina) ini yang dimasukinya,” kata dia.

Kantor berita Reuters belum dapat memverifikasi tuduhan Zelensky itu. Sementara pihak Rusia membantah pasukannya sengaja menyasar warga sipil di Ukraina.

Kuburan massal telah ditemukan di sejumlah tempat di seluruh Ukraina sejak dimulainya agresi militer Rusia, Februari lalu. Kuburan massal itu antara lain berisikan mayat-mayat warga sipil yang menunjukkan bukti penyiksaan yang ditemukan di wilayah Kharkiv dan di Bucha, dekat Ibu Kota Kiev. 

Ukraina menuduh pasukan Rusia-lah yang melakukan kejahatan tersebut.

Sebuah komisi PBB pada Oktober menyatakan, ada sejumlah kejahatan perang dilakukan di Ukraina. Pasukan Rusia pun dinilai bertanggung jawab atas sebagian besar pelanggaran hak asasi manusia pada minggu-minggu awal perang di Ukraina.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.