Note

Apa Itu Nisbah Laba terhadap Modal dan Cara Perhitungannya

· Views 32

Nisbah laba terhadap modal atau return on equity (ROE ) merupakan perhitungan yang penting terutama bagi seorang investor. Pasalnya, perhitungan ini dapat menunjukkan performa perusahaan dalam mendapatkan laba bersih dengan menggunakan modal sendiri. 

Apa definisi dari nisbah laba terhadap modal dan bagaimana cara menghitungnya? Simak selengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Margin Laba: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

1. Pengertian nisbah laba terhadap modal

Apa Itu Nisbah Laba terhadap Modal dan Cara PerhitungannyaIlustrasi modal usaha (Unsplash.com/Kelly Sikkema)

Menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, nisbah laba terhadap modal merupakan sebuah rasio untuk mengukur tingkat kemampuan modal dalam menghasilkan laba bersih. Perhitungan ini juga dijadikan sebagai indikator dalam menilai efektivitas sebuah manajemen di dalam perusahaan dalam menggunakan pembiayaan ekuitas untuk kegiatan operasional dan mengembangkan perusahaan. 

Indikator ini biasa menggunakan satuan persen. Jika hasil perhitungan nisbah laba terhadap modal atau ROE-nya mendekati 100 persen, maka kinerja perusahaan dinilai baik.

Baca Juga: Mengenal Nisbah Aktiva Tetap terhadap Modal Bersih 

2. Rumus dan cara perhitungan

Apa Itu Nisbah Laba terhadap Modal dan Cara PerhitungannyaIlustrasi perhitungan uang (Pexels)

Dalam menghitung nisbah laba terhadap modal atau ROE, cukup membagi laba bersih dengan ekuitas yang kemudian dikalikan dengan 100. 

ROE = Laba bersih : Ekuitas x 100

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 4 Cara Jual Emas Antam yang Pasti Untung, Cari Tahu di Sini!
  • 10 Pekerjaan Paling Bikin Stres, Ada Profesi Kamu?
  • Lagi Bangun Bisnis Fesyen? Simak Tips Ini biar Dagang Makin Lancar!

Untuk memudahkan dalam memahami rumus ini, berikut adalah contoh perhitungan ROE.

Dilihat dari laporan keuangan yang dikeluarkan pada tahun 2019, diketahui bahwa laba bersih dari perusahaan ABC adalah Rp7 miliar. Sementara itu, ekuitas rata-rata dari pemegang saham adalah Rp8 miliar. Berapakah nilai ROE dari perusahaan itu?

ROE = Rp7 miliar / Rp8 miliar x 100

ROE = 0,875 x 100

ROE = 87,5

Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa perusahaan ABC bisa menghasilkan laba sebesar 87,5 persen dngan ekuitas yang dimiliki Rp8 miliar. 

3. Faktor yang mempengaruhi ROE

Apa Itu Nisbah Laba terhadap Modal dan Cara Perhitungannyailustrasi aktivitas perhitungan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Apa saja yang dapat mempengaruhi jumlah atau hasil dari ROE? Pertama, ada laba bersih yang menurut Ikatan Akuntan Indonesia, faktor ini sudah menjadi faktor yang paling umum dan banyak dikenali. Faktor tersebut dapat digunakan untuk mengukur kinerja atau landasan ukuran lainnya. 

Adapun faktor yang kedua adalah ekuitas, yang merupakan jumlah modal untuk menggambarkan kepemilikan seseorang atas aset yang dimiliki. Ekuitas umumnya banyak ditemukan pada laporan posisi keuangan berupa neraca dan jenisnya terdiri dari modal yang sudah disetorkan, saham, laba ditahan, serta dividen. 

Baca Juga: Mengenal Nisbah Jumlah Modal untuk Perusahaan 

Itulah penjelasan mengenai nisbah laba terhadap modal yang dapat menambah wawasan kamu sebelum mengambil keputusan dalam berinvestasi. Rasio yang diperoleh, dapat memperlihatkan bagaimana kinerja dan kemajuan dari sebuah perusahaan. 

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.