Note

Iran Bikin Rudal Balistik Hipersonik, Ancaman bagi AS dan Israel

· Views 24
Ilustrasi Iran tengah membuat rudal balistik hipersonik (Foto: Reuters)

DUBAI, iNews.id - Iran segera memiliki rudal balistik berkecepatan hipersonik. Pengumuman ini disampaikan komandan kedirgantaraan Garda Revolusi Islam Iran sepekan setelah negara itu menguji coba roket Ghaem 100 untuk mengirim satelit komunikasi ke orbit.

Amerika Serikat (AS) curiga uji coba itu hanya kedok dari tujuan utama Iran meluncurkannya, yakni menguji coba pendorong untuk rudal balistik. Pasalnya sistem roket untuk kendaraan luar angkasa mirip dengan rudal balistik yang membawa hulu ledak.

“Rudal ini memiliki kecepatan tinggi dan dapat bermanuver masuk dan keluar dari atmosfer. Ini bisa menargetkan sistem anti-rudal canggih musuh dan menjadi lompatan besar di bidang rudal,” kata komandan Garda, Amir Ali Hajizadeh, kepada kantor berita Tasnim.

Rudal hipersonik bisa melesat setidaknya lima kali kecepatan suara (5 mach atau sekitar 6.100 km per jam) pada lintasan yang kompleks, sehingga sulit untuk dicegat oleh sistem pertahanan udara.

Namun, sejauh ini belum ada laporan bahwa Iran sudah pernah menguji coba rudal semacam itu.

Pekan lalu, Iran menguji coba Ghaem 100 dengan roket yang bekerja dengan tiga tahap pelepasan. Sistem ini memungkinkan roket untuk menjelajah lebih jauh. Roket tersebut bisa membawa satelit komunikasi seberat hingga 80 kg pada ketinggian 500 km dari permukaan bumi.

Uji coba itu disebut AS sebagai tindakan yang mengganggu stabilitas.  Sementara Iran berkali-kali membantah mengembangkan senjata nuklir, melainkan hanya untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Perkembangan Iran dalam bidang senjata menjadi ancaman bagi AS serta sekutunya di Timur Tengah, termasuk Israel dan Arab Saudi. AS dan Iran mencurigai Iran mengembangkan senjata nuklir, terutama setelah Negeri Paman Sam keluar dari kesepakatan bersama JCPOA pada 2018 atau pada masa pemerintahan Donald Trump. Upaya untuk AS kembali ke kesepakatan di pemerintahan Joe Biden masih menemui jalan buntu.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.