Note

5 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan oleh Pengusaha Makanan

· Views 36

Makanan adalah salah satu kebutuhan utama seorang manusia yang harus dipenuhi agar tetap bisa bertahan hidup. Jika zaman dulu orang harus berjuang mengolah sendiri bahan-bahan untuk dijadikan hidangan, sekarang sudah lebih praktis karena bisa membeli dari pengusaha kuliner.

Namun, terkadang penjual tidak hati-hati dalam menjual produk makanannya, sehingga merugikan konsumen. Supaya kejadian seperti ini dapat dihindari, maka pelaku bisnis kuliner perlu untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Kebersihan

5 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan oleh Pengusaha Makananilustrasi menyajikan makanan (pexels.com/Elle Hughes)

Kebersihan menjadi aspek yang sangat penting dalam urusan makanan. Mulai dari bahan baku, proses pengolahan, penyajian, hingga tempat eksekusi, semua harus dipastikan dalam kondisi higienis.

Hal ini penting untuk menghindari paparan berbagai agen penyakit dan benda-benda asing yang berpotensi masuk ke dalam makanan. Dengan begini, hidangan yang disajikan dapat dipastikan kebersihan dan kualitasnya.

2. Kualitas dan konsistensi rasa makanan

5 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan oleh Pengusaha Makananilustrasi bersantai menikmati makanan (unsplash.com/Pablo Merchán Montes)

Rasa enak menjadi faktor penting yang dapat membuat konsumen menyukai suatu jenis makanan. Namun, terkadang juru masak tidak konsisten dalam melakukan pengolahan, sehingga menghasilkan hidangan dengan rasa yang berbeda.

Oleh sebab itu, penting bagi pemilik usaha makanan untuk melakukan pengecekan makanan yang dijual secara rutin. Hal ini dimaksudkan untuk mengendalikan mutu dan menjaga konsistensi rasa sehingga tidak akan ditinggalkan konsumen.

Baca Juga: Mau Usaha Kuliner? Ini 5 Spot Strategis yang Bisa Kamu Sewa!

3. Status halal

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 4 Cara Jual Emas Antam yang Pasti Untung, Cari Tahu di Sini!
  • 10 Pekerjaan Paling Bikin Stres, Ada Profesi Kamu?
  • Lagi Bangun Bisnis Fesyen? Simak Tips Ini biar Dagang Makin Lancar!
5 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan oleh Pengusaha Makananilustrasi membeli kopi (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Bagi pengusaha makanan yang membidik konsumen muslim, penting sekali untuk memastikan status kehalalan. Jangan sampai hidangan yang disajikan mengandung unsur non halal yang bisa merugikan pembeli.

Guna mewujudkan hal tersebut, maka wajib dilakukan pengawasan yang ketat, mulai dari pemilihan bahan baku, titik kritis pengolahan, hingga sampai ke tangan konsumen. Jika semua dipastikan aman, maka pembeli akan merasa tenang.

4. Pelayanan kepada konsumen

5 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan oleh Pengusaha Makananilustrasi seorang pramusaji yang sedang bertugas (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebagai konsumen, rasanya wajar jika ingin selalu mendapatkan pelayanan yang terbaik karena mereka rela mengeluarkan uang untuk itu. Hal ini juga berlaku dalam urusan membeli makanan di tempat favorit.

Oleh sebab itu, penting bagi pengusaha makanan untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Sikap ramah dan terbuka harus selalu diutamakan agar konsumen merasa dihargai, sehingga tidak segan untuk berlangganan.

5. Konsep tempat yang matang

5 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan oleh Pengusaha Makananilustrasi memotret makanan (pexels.com/Marcus Aurelius)

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan adalah mengenai tempat yang digunakan untuk berjualan makanan. Sebisa mungkin, sediakan tempat yang baik dan layak, serta memiliki konsep yang matang, terutama bila itu merupakan restoran atau kafe.

Ini dapat menunjang kebutuhan konsumen zaman sekarang yang tidak hanya butuh untuk mengisi perut, tetapi juga perlu untuk mengoleksi foto ciamik untuk dibagikan di media sosial. Dengan begini, dijamin usahamu akan semakin berkembang dan menghasilkan keuntungan lebih besar.

Makanan adalah bagian dari kebutuhan sehari-hari yang tidak boleh diabaikan. Oleh sebab itu, penting untuk senantiasa menjaga kualitas pangan yang dikonsumsi agar tubuh selalu sehat dan hati senang.

Baca Juga: 7 Cara Mendapatkan Modal Kerja bagi Pengusaha Pemula, Catat yuk!

Baca Artikel Selengkapnya
5 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan oleh Pengusaha Makanan Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.