Note

Buka-bukaan Bos Bank Jago soal Potensi Bank Digital

· Views 24

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bank Jago (ARTO) Kharim Siregar menilai bank digital mempunyai potensi yang cerah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Hal tersebut ditunjang oleh total populasi penduduk Asia Tenggara sekitar 400 juta orang. Kemudian dari sisi demografi, mayoritas penduduk kawasan ini adalah anak muda yang digital savy alias melek teknologi.

"Dari segi acceptable digital mereka paling tinggi. Jadi semua perkembangan digital banking itu larinya ke sini, yang lain pada mengikuti," kata Kharim di sela Singapura Fintech Festival (SFF) 2022 di Singapura, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Tak Sampai 10 Menit, Ini Cara Migrasi Rekening Bank Jago Konvensional ke Syariah

Kharim menyebutkan, Singapore Fintech Festival merupakan acara terbesar di dunia yang menghadirkan mulai inovasi mengenai teknologi finansial terbaru. Sebagai informasi acara tahunan yang diselenggarakan bank sentral dan otoritas jasa keuangan Singapura, Monetary Authority of Singapore (MAS) ini diikuti lebih dari 850 pakar dan pelaku usaha serta 2.000 organisasi dari 110 negara.

"Kalau misalnya semua teknologi di sini sudah bisa diimplementasikan, kita sudah 10 tahun ke depan, tetapi enggak bisa gitu kan, ada teknologi, ada costumer-nya, ada perusahaanya, ada regulator," ucap Kharim.

Sementara dalam diskusi panel bertema “Building Resilient Business Models amid Volatility and Change”, Kharim sebagai salah satu pembicara menyatakan bahwa kolaborasi strategis dengan ekosistem merupakan poin yang penting untuk mendorong pertumbuhan bank digital serta mengakselerasi jumlah masyarakat dalam mendapatkan produk dan layanan keuangan secara signifikan.

“Semangat mengedepankan inklusi keuangan mendorong kami untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan ekosistem digital. Sebagai bank berbasis teknologi, kami mengembangkan produk dan layanan kami, yaitu Aplikasi Jago, agar dapat tertanam dalam berbagai ekosistem digital,” kata Kharim.

Saat ini Bank Jago hadir pada sejumlah ekosistem digital utama di Indonesia, termasuk ekosistem GoTo yang terdiri dari Aplikasi Gojek, GoPay, dan GoBiz serta ekosistem investasi digital Bibit dan Stockbit. Ke depan Bank Jago akan terus mengembangkan dan memperluas kolaborasi dengan ekosistem yang baru maupun yang sudah ada.

Kharim juga menjelaskan mengenai bisnis pembiayaan agar Bank Jago dapat bertumbuh positif dan berkelanjutan sekaligus menciptakan akses keuangan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat luas.

Dalam menjalani fungsi intermediasi ini, Bank Jago menyalurkan kredit melalui kolaborasi dengan berbagai mitra (partner), seperti multifinance, perusahaan financial technology (fintech), dan lembaga keuangan lainnya. Dalam bisnis pembiayaan, Bank Jago meyakini kolaborasi dengan ekosistem adalah cara yang efektif bagi bank digital untuk membantu memberikan akses keuangan kepada nasabah.

“Kami percaya bank dan ekosistem digital memiliki kekuatannya masing-masing. Mereka memahami kebutuhan dan memiliki solusi yang relevan bagi nasabahnya. Sementara Bank Jago memiliki kekuatan dalam sumber pendanaan. Berkat kolaborasi ini, nasabah, bank dan ekosistem digital dapat tumbuh bersama,” kata Kharim.

Baca juga: Rapor Bank Digital Kuartal III 2022: ARTO, BBHI, AGRO Raup Laba, BANK dan BBYB Masih Rugi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.