Note

Ada Diskon, Ekspor Minyak AS ke Asia Capai Rekor Tertinggi

· Views 27
Ada Diskon, Ekspor Minyak AS ke Asia Capai Rekor Tertinggi
Ada Diskon, Ekspor Minyak AS ke Asia Capai Rekor Tertinggi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pengiriman minyak mentah AS ke Asia menyentuh rekor baru di level 1,8 juta barel per hari pada bulan ini. Data pengiriman Kpler menunjukkan adanya permintaan naik dari wilayah tersebut karena diskon yang meningkat untuk minyak global.

Rekor tersebut juga mencerminkan melonjaknya permintaan minyak mentah untuk memproduksi bahan bakar diesel setelah Eropa terus menimbun stok usai sanksi Barat atas pembelian minyak Rusia. Adapun, kilang di China, India dan Korea Selatan kembali menjadi pembeli minyak mentah AS setelah beberapa bulan meraup untung dari harga murah yang ditawarkan Rusia.

Baca Juga:
Harga BBM Masih Tinggi, Biden Sentil Perusahaan Minyak AS yang Untung Gede

Secara keseluruhan, ekspor minyak mentah AS pekan lalu menyentuh rekor mingguan 5,1 juta barel per hari (bph), didorong oleh produksi minyak serpih atau oil shale yang lebih tinggi. Minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI), diperdagangkan dengan diskon hampir USD9 per barel untuk Brent global, dibandingkan dengan diskon USD6 pada awal September.

Diskon yang lebih besar itu membuat minyak AS lebih terjangkau bagi pembeli di negara tersebut. Tak heran jika Korea Selatan akan mengimpor rekor 619.000 barel per hari (bph) minyak mentah AS, menurut Refinitiv, sekaligus menjadikan negara itu importir minyak mentah AS terbesar di Asia pada bulan ini.

Baca Juga:
Cadangan Minyak AS Turun Tajam, Terparah Sejak 1984

China akan menarik setidaknya 450.000 barel per hari, tertinggi sejak Desember 2020. Sementara permintaan India diperkirakan akan menjadi yang tertinggi sejak Maret. Permintaan minyak kedua negara tersebut meningkat untuk menghadapi tarif kapal tanker yang lebih tinggi sekitar 40% pada beberapa segmen pada Oktober.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.