Note

Profil Lula da Silva, Mantan Buruh Sempat Dipenjara Kini Jadi Presiden Brasil

· Views 29
Lula da Silva (Foto: AP)

JAKARTA, iNews.id - Luiz Inacio Lula da Silva terpilih sebagai presiden Brasil yang baru, Minggu (30/10/2022), mengalahkan petahana Jair Bolsonaro. Lula bukan orang baru di pemerintahan Brasil, dia sempat menjabat sebagai presiden. Untuk kali ini, dia akan dilantik pada 1 Januari 2023.

Bagi pria 77 tahun itu, ini merupakan periode ketiganya sebagai presiden. Kemenangan mantan pekerja metal itu berarti kembali mengangkat kelas buruh dalam perpolitikan Brasil, menyingkirkan dominasi sayap kanan.

Lula lahir dari pasangan orangtua petani yang buta huruf, namun karier politiknya terbilang moncer walau berliku. Dia menjadi tokoh sentral dalam politik sayap kiri Brasil selama 40 tahun, yakni sejak memimpin aksi mogok buruh melawan kediktatoran militer pada 1980-an hingga membentuk Partai Buruh.

Setelah hasil pemilu putaran kedua diketahui, dia menyebut kemenangan tipisnya atas Bolsonaro sebagai kebangkitan. Apalagi dia sempat dipenjara terkait skandal korupsi terbesar Brasil saat menjabat pada periode 2003-2010.

"Mereka mencoba mengubur saya hidup-hidup dan saya di sini untuk memerintah negara ini," katanya, dalam kemenangan pada Minggu lalu, dikutip dari Reuters.

Lula bersumpah akan mengakhiri warisan Bolsonaro, termasuk kebijakan pro-senjata serta melemahnya perlindungan lingkungan di hutan Amazon. Kebijakan lingkungan pendahulunya, membuat negara terbesar di Amerika Latin itu semakin terisolasi di panggung global.

Saat menyerahkan jabatan sebagai presiden 12 tahun lalu, tingkat kepopulerannya masih terbilang tinggi yakni 87 persen. Ini karena kebijakan pemerintahannya berhasil membebaskan jutaan warga dari kemiskinan ekstrem, memperluas akses ke pendidikan dan perawatan kesehatan, serta mengurangi kesenjangan sosial yang mendalam.

Pemerintahannya di masa lalu juga menghidupkan kembali industri minyak dan produksu kapal. Ekonomi Brasil juga naik kelas menjadi terbesar keenam di dunia. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.