Note

Mendag Dorong Pelaku UMKM Pasarkan Produknya di Ritel Modern

· Views 29
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. Kemendag)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memasarkan produknya di lokapasar atau marketplace dan ritel modern. Hal ini dilakukan agar UMKM naik kelas.

"Kolaborasi para UMKM dengan lokapasar dan ritel-ritel modern sangat penting untuk dilakukan. Kemitraan seperti ini penting, inilah yang akan menentukan masa depan kita. Kalau nanti di ritel modern dan platform digital ada masalah, silakan beritahu kami,” ujar Zulhas dalam keterangan tertulis, Senin (31/10/2022).

Zulhas menegaskan, pihaknya berkomitmen dalam mendorong kolaborasi tersebut melalui program kemitraan UMKM dengan lokapasar dan ritel modern. 

Kemendag bersama Kementerian/Lembaga lainnya, pemerintah daerah, badan-badan usaha milik negara, dan sektor privat tengah menjalankan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Salah satu poin penting BBI adalah program mendigitalisasi UMKM untuk mengakses pasar digital dan mendorong literasi teknologi, sehingga UMKM dapat memasarkan produk mereka secara digital.

“Saat gerakan ini diluncurkan pada Mei 2020, pemerintah menargetkan pada 2024 akan ada 30 juta UMKM yang masuk dalam ekosistem digital. Hingga Oktober 2022, sekitar 18 juta UMKM telah bergabung dalam ekosistem digital di bawah payung Gerakan Nasional BBI,” ucap Mendag.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.