Note

Nilai Aktiva Bersih: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannya

· Views 43

Nilai Aktiva Bersih atau NAB merupakan total nilai dari investasi produk reksa dana. Nilai investasi reksa dana tersebut sesuai dengan peraturan yang telah berlaku.

Nilainya dihitung tiap hari berdasarkan periode per hari perdagangan bursa. NAB juga dikenal dalam perusahaan dan memiliki beberapa manfaat dan keuntungannya. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini, yuk!

1. Definisi Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Nilai Aktiva Bersih: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannyailustrasi kalkulator (Pexels/Karolina Grabowska)

Nilai aktiva bersih berasal dari bahasa Inggris, yakni Net Asset Value (NAV). NAB per unit penyertaan merupakan harga wajar yang didapatkan dari portofolio reksa dana.

Nilai ini diperoleh usai dikurangi dengan biaya operasional. Lalu dibagi dengan jumlah saham atau unit penyertaan yang sudah beredar.

2. Apa itu Unit Penyertaan (UP)?

Nilai Aktiva Bersih: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannyailustrasi investasi (pexels.com/Lukas)

Dalam Nilai Aktiva Bersih pun terdapat istilah Unit Penyertaan (UP). UP merupakan satuan yang digunakan dalam jual beli produk reksa dana.

Contohnya, ketika membeli emas, satuan yang digunakan yakni gram. Investor yang hendak membeli reksa dana pun bisa membeli dalam total unit maupun rupiah. Kemudian jumlah tersebut dikonversi dalam satuan unit khusus.

3. Manfaat nilai aktiva bersih

Nilai Aktiva Bersih: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannyailustrasi diskusi (unsplash.com/amyhirschi)

NAB pada dasarnya merupakan cara untuk menghitung satuan harga dari unit investasi reksa dana. Hal tersebut juga bisa disebut NAB/UP. Nilai NAB/UP dapat berubah tiap harinya karena didasarkan kepada penghitungan NPW (Nilai Pasar Wajar) yang tengah berlaku.

Faktor lain yang akan berpengaruh terhadap perubahan NAB/UP yakni perubahan dana yang dikelola pihak MI maupun Asset Under Management (AUM). Dana tersebut mengalami peningkatan nilai.

Fungsi dari NAB/UP, yakni guna membantu kelancaran proses investasi. Dengan tahu NAB/UP, investor bisa menghitung sekaligus memperkirakan berapa total unit yang mampu untuk dibeli.

Baca Juga: Nilai Buku Per Saham: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Aplikasi Investasi Emas Online, Aman dan Mudah Digunakan
  • 14 Fungsi Kemasan Produk dalam Pemasaran, Produsen Wajib Tahu
  • 5 Rekomendasi Jenis Investasi Syariah yang Menguntungkan, Berminat?

4. Contoh perhitungan nilai aktiva bersih

Nilai Aktiva Bersih: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannyailustrasi uang (unsplash.com/Christian Dubovan)

Terdapat contoh kasus yang bisa mempermudah kamu memahami NAB, yaitu:

Misalnya, investor mempunyai dana sebesar Rp5.000.000 yang diinvestasikan di reksa dana A, dengan NAB/UP bernilai Rp3.000. Maka, jumlah unit penyertaan yang hendak investor dapatkan adalah sebagai berikut.

Rp5.000.000 : Rp3.000 = 1.666,67 unit. Usai jangka waktu tertentu, investor bisa menjual lagi jumlah unit penyertaan tersebut. Selain itu, bisa juga menukarnya (mengalihkannya) dengan beberapa produk reksa dana lain.

Seandainya setelah dalam waktu satu tahun investor ingin menjual lagi unit penyertaan reksa dana. Sedangkan, NAB/UP-nya ketika masa itu sebesar Rp4.500, maka bisa menghitung keuntungan sebagai berikut.

Rp4.500 x 1.666,67 unit = Rp7.500.015

Maka, keuntungan yang diperoleh sebesar = Rp7.500.015 – Rp5.000.000 = Rp2.500.015

5. Keuntungan NAB

Nilai Aktiva Bersih: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannyailustrasi audit (Pexels.com/Lukas)

Cara untuk mencari tahu harga unit suatu investasi milik perusahaan reksa dana, yakni dengan mengamati data dari NAB. Selain itu, bisa juga mengamati Unit Penyertaan milik perusahaan tersebut.

Nilai NAB pastinya akan berubah tiap harinya karena didasarkan pada perhitungan Nilai Pasar Wajar yang sedang berlaku. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi perubahan NAB/UP, yakni perubahan dana.

Dana tersebut biasanya dikelola oleh pihak Manajer Investasi maupun Asset Under Management (AUM) dan dana akan mengalami peningkatan nilai. NAB ini tak memberikan informasi terkait keuntungan yang didapat investor lewat reksa dana secara langsung.

Sebab fungsi dari NAB dapat membantu kelancaran pelaksanaan tahap investasi. Dengan mengetahui NAB, investor bisa lebih mudah memperkirakan jumlah unit yang bisa dibeli, kemudian menyesuaikan dengan uang yang dimiliki.

Nah, demikianlah pembahasan lengkap tentang nilai aktiva bersih dalam perusahaan. Semoga informasi ini menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Money Multiplier: Pengertian, Proses, dan Faktornya

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.