Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Jumat, terseret lebih rendah oleh harga komoditas yang melemah dan laporan laba perusahaan yang beragam, ketika investor menilai jalur pengetatan kebijakan moneter di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,9 persen pada pukul 07.19 GMT, dengan penambang memimpin kerugian karena harga komoditas turun di tengah kekhawatiran tentang perluasan pembatasan COVID-19 China.

Indeks acuan ditutup datar pada Kamis (27/10/2022) setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan suku bunga seperti yang diperkirakan tetapi mengatakan kemajuan "substansial" telah dibuat dalam upayanya untuk melawan lonjakan bersejarah dalam inflasi.

Baca juga: Saham Eropa tergelincir jelang keputusan Bank Sentral Eropa

Saham teknologi Eropa merosot 2,1 persen, karena kekalahan di antara rekan-rekan Wall Street tampaknya akan berlanjut setelah perkiraan lemah dari Amazon.com Inc.

Volkswagen kehilangan 2,4 persen, setelah produsen mobil top Eropa itu mengatakan mereka memperkirakan pengiriman akan sama seperti tahun lalu, dan melaporkan laba kuartal ketiga sebesar 4,3 miliar euro (4,28 miliar dolar AS), di belakang tingkat pra-pandemi.

Danone naik tipis 1,3 persen setelah menaikkan perkiraan pertumbuhan pendapatan 2022, karena kelompok industri makanan Prancis itu mampu menaikkan harga untuk melawan biaya yang melonjak.

Baca juga: Saham Asia akhir pekan ditutup merosot, pasar fokus pertemuan The Fed
Baca juga: IHSG akhir pekan diproyeksikan datar, fokus pasar tertuju pada PDB AS


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022