Note

Kereta Cepat Mau Diperpanjang sampai Surabaya? Ini Kata Luhut

· Views 19

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk melanjutkan proyek kereta cepat hingga Surabaya. Dengan kereta cepat ini, waktu tempuh dari Jakarta menuju Surabaya menjadi 4 jam.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tak menutup kemungkinan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tersebut dilanjutkan.

Menurut Luhut, kehadiran kereta cepat akan membuat mobilitas masyarakat semakin efisien.

Baca juga: Soal Kereta Cepat, Menhub: Jika Berlanjut, Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya Hanya 4 Jam

"Tapi nanti kalau pemerintah akan melanjutkan ini (proyek kereta cepat) sampai ke Surabaya, saya kira akan membuat Indonesia lebih efisien," kata Luhut ditemui usai acara China Chamber of Commerce in Indonesia di Kuningan, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Terkait investor dalam perpanjangan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya ini, Luhut mengatakan, hal tersebut menyesuaikan dengan kondisi pembangunan.

"Ya nanti kita lihat saja. Kalau sudah nyaman dengan ini (China) ngapain ganti-ganti. Kan ganti-ganti istri juga enggak mau," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah tidak hanya membangun proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menurut Budi, pemerintah membuka kemungkinan untuk melanjutkan pembangunan kereta cepat hingga Surabaya.

Baca juga: Kereta Cepat Mau Dilanjut sampai Surabaya, Ini Rutenya

"Kereta cepat juga gitu kok, bangun cuma Jakarta-Bandung ya banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya," kata Budi dalam acara "Sustainable Smart Transportation" secara virtual, Kamis (27/10/2022).

Budi mengatakan, jika proyek kereta cepat  Jakarta-Surabaya ini berlanjut, waktu tempuh dari Jakarta menuju Surabaya hanya membutuhkan waktu 4 jam.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.