Note

Hasil Riset: UMKM Lebih Pilih Pertahankan Stabilitas Daripada Mengembangkan Usaha

· Views 23

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan, MicroSave Consulting Indonesia (MSC) dan Financial Acces Initiative dari New York University, (FAI-NYU) yang telah melakukan penelitian Small Firm Diaries (SFD) di Indonesia.

Penelitian ini dalam rangka mengetahui hambatan pertumbuhan dan produktivitas usaha kecil.

"Penelitian seperti ini sangat diperlukan guna merancang program dan kebijakan tepat sasaran untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas UMKM," kata Teten Masduki dalam keterangan pers, dikutip Kamis (26/10/2022).

Baca juga: Menkop: Perlu Ada Jaminan Perlindungan bagi Kegiatan UMKM

Teten berharap, hasil dari penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam membuat kebijakan dan praktik bagi semua pelaku yang berkepentingan untuk mengatasi tantangan UMKM.

Di Indonesia, penelitian ini melibatkan sekitar 165 usaha kecil yang tersebar di empat lokasi penelitian yaitu Bandung, Medan, Yogyakarta-Magelang, dan Makassar.

Pengumpulan data telah berlangsung sejak Desember 2021 dan dilaksanakan selama setahun penuh. Adapun, fokusnya ada pada identifikasi hambatan pertumbuhan mencakup tenaga kerja, produktivitas, dan profitabilitas yang dihadapi usaha kecil, termasuk usaha yang pemiliknya adalah perempuan.

Usaha kecil yang diteliti antara lain terdiri dari sektor industri atau sektor manufaktur sederhana (light manufacturing), pengolahan pertanian (agri-processing), dan jasa (services).

Ira Aprilianti dari MSC yang bertugas sebagai Manajer Lapangan SFD di Indonesia memaparkan, persentase pemilik usaha kecil yang lebih memilih menjaga stabilitas usaha, masih lebih tinggi dibandingkan mereka yang memilih mengambil risiko dengan menambah modal operasional untuk meningkatkan pertumbuhan.

lebih lanjut, Principal Investigator SFD dan Managing Director FAI – NYU Timothy Ogde memaparkan, keinginan untuk menjaga stabilitas usaha yang lebih tinggi dibandingkan meningkatkan laba.

Temuan ini konsisten dari seluruh data responden, termasuk segregasi berdasarkan jenis kelamin baik laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Cerita UMKM EthmeeQ dan Faber yang Terpilih jadi Official Merchandise KTT G20

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.