Note

8 Keunggulan dan Prospek Investasi Berlian, Lebih Oke dari Emas?

· Views 26
8 Keunggulan dan Prospek Investasi Berlian, Lebih Oke dari Emas?
8 Keunggulan dan Prospek Investasi Berlian, Lebih Oke dari Emas? (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Bagaimana prospek investasi berlian saat ini? Orang-orang umumnya memilih untuk berinvestasi emas untuk melindungi nilai uang. Lalu seperti apa kelebihan investasi berlian jika dibandingkan dengan investasi emas?

Dilansir dari Cermati.com (26/10), investasi berlian dinilai memiliki lebih banyak keunggulan, dan berpotensi memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan investasi pada logam mulia jenis lain. 

Baca Juga:
Inilah Brankas Penyimpanan Emas Terbesar di Dunia yang Sangat Rahasia

Harga berlian ditentukan di antaranya oleh berat, tampilan, tingkat kejernihan, tingkat warna, dan apakah memiliki sertifikat yang diakui atau tidak. Perlu diingat, hitungan berat berlian berbeda dengan emas. 

Contohnya, jika 1 gram emas di pasaran saat itu dijual seharga Rp400.000, maka 2 gram emas akan dihargai sekitar Rp800.000. Namun perhitungan berlian tidak demikian, misalnya jika 1 karat berlian saat itu dihargai Rp50 juta, maka harga berlian yang dijual bisa jadi malah lebih tinggi. 

Baca Juga:
Berlapis Emas hingga Bertabur Berlian, 10 Ponsel Termahal di Dunia

Makin jernih berlian, makin putih warnanya, makin mahal harganya. Sebab kejernihan menunjukkan seberapa ‘bersih’ berlian tersebut dari mineral-mineral bawaan lain. Potongan dan tampilan berlian juga turut memengaruhi harga. 

Bagaimana berlian itu dipotong dan ditampilkan juga menentukan seberapa mahal berlian itu kelak dihargai. 

Prospek Investasi Berlian: Keuntungannya 

Masih dilansir dari Cermati.com, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bakal Anda dapat ketika berinvestasi berlian. 

  1. Aman dari Inflasi: Harga berlian cenderung konstan bila dibandingkan dengan harga emas, bahkan meningkat tiap tahunnya.
  2. Harga 100% Ditentukan oleh Kualitas: Harga berlian acuan di pasaran dibuat murni berdasarkan kualitas berlian itu sendiri, sehingga tidak ada campur tangan pemerintah atau pihak lain dalam penentuan harganya.
  3. Nilainya terus meningkat: Sama seperti logam mulia lainnya, harga berlian akan berubah, namun cenderung meningkat alih-alih naik turun seperti emas dan perak.
  4. Tidak butuh biaya perawatan: Berlian adalah batu yang sangat keras, tidak mudah tergores, dan tidak mudah rusak. Oleh karenanya, berlian tidak membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya.
  5. Penyimpanan tidak makan tempat: Berlian tidak membutuhkan ruangan besar untuk penyimapanan, Anda hanya perlu brankas kecil.
  6. Bisa jadi perhiasan: Selain menjadi alat instrumen, berlian juga bisa menjadi perhiasan yang bisa Anda gunakan.
  7. Ramah pemula: Memulai investasi berlian tidak sulit, tidak butuh pendaftaran atau apa pun, karena investasi berlian sifatnya personal.
  8. Memiliki perlindungan: Berlian memiliki sertifikat yang akan menjamin dan membuktikan keaslian berlian tersebut. 

Demikianlah ulasan tentang prospek investasi berlian berikut potensi keuntungannya untuk investor pemula. Jika Anda punya dana lebih, Anda bisa mencoba untuk mulai menginvestasikan uang Anda ke berlian. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.