Note

BNI Ungkap Dampak Kenaikan BI Rate terhadap Bunga Deposito dan Kredit

· Views 26

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengungkap dampak dari kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) selama tiga bulan berturut-turut kepada kinerja perseroan.

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini mengatakan, kenaikan suku bunga acuan BI tersebut akan berdampak ke kenaikan biaya dana (cost of fund) perseroan, terutama deposito.

Pasalnya, ke depannya kondisi likuiditas akan semakin mengetat. Untuk itu, BNI sejak September lalu sudah menaikkan bunga deposit valuta asing (valas) di kisaran 5-30 basis poin (bps).

"Memang kami memproyeksikan cost of fund akan mulai meningkat secara bertahap mulai dari Kuartal IV tahun ini," ujarnya saat konferensi pers paparan kinerja BNI Kuartal III 2022, Senin (25/10/2022).

Baca juga: Bunga KPR Bank Mandiri Naik 25-50 Bps, Cek Suku Bunga Fixed Berjenjang 10 Tahun

Selain bunga deposito, BNI juga telah menyesuaikan bunga kredit valas sebesar di kisaran 1-2 persen yang efektif berlaku 1 Oktober lalu.

Sementara untuk bunga deposito dan kredit rupiah di Kuartal III 2022 ini masih belum terpengaruh pada kenaikan suku bunga BI.

Namun, bank pelat merah ini akan terus meninjau penyesuaian bunga deposito dan kredit rupiah dengan perkembangan yang ada di Kuartal IV 2022.

"Penyesuaian di suku bunga khususnya di suku bunga deposito valas ini memang diperlukan untuk memenuhi tingginya permintaan kredit valas," ucapnya.

Strategi BNI

Novita mengatakan, BNI telah menyiapkan strategi konservatif untuk menyikapi kenaikan suku bunga acuan BI yang sejak Agustus lalu mulai mengetat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.