Note

Emas ke Terendah 3 Minggu Karena Lonjakan Yield AS

· Views 19

Harga emas turun ke level terendah lebih dari tiga minggu pada hari Kamis karena ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang lebih banyak mendorong imbal hasil Treasury AS dan menyebabkan aksi jual tajam di pasar logam.

Imbal hasil Treasury AS saat ini berada di level tertinggi sejak krisis keuangan 2008 karena prospek kenaikan suku bunga lebih banyak membuat investor membuang obligasi. Ini juga mendorong dolar, yang tampaknya akan membalikkan sebagian besar kerugiannya baru-baru ini.

Prospek yang kuat untuk dolar menekan harga emas batangan, sementara kenaikan suku bunga mendorong biaya peluang memegang emas, sebuah tren yang sangat membebani harga tahun ini.

Spot gold turun 0,1% pada hari Kamis menjadi $1.627.80 per ounce, sementara emas berjangka turun 0,1% menjadi $1.632.40 per ounce pada 19:27 ET (23:27 GMT). Kedua instrumen jatuh lebih dari 1% pada hari Rabu, dan diperdagangkan pada level terlemah sejak akhir September.

Emas sekarang sekitar $10 dari meninjau kembali level terendah untuk tahun ini, level yang bisa segera dicapai jika tekanan dari dolar berlanjut. Harga emas batangan mencapai level terendah lebih dari dua tahun pada bulan September, menyusul kenaikan suku bunga yang tajam dan sinyal yang lebih hawkish dari The Fed.

Komentar Hawkish dari pejabat Fed mengguncang pasar minggu ini. Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari memperingatkan bahwa inflasi yang terlalu panas dapat memacu The Fed untuk menaikkan suku bunga acuan di atas 4,75%, level tertinggi sejak 2007.

Komentarnya juga datang hanya beberapa hari setelah data menunjukkan bahwa inflasi AS tetap berada di dekat level tertinggi 40 tahun pada bulan September, meskipun ada serangkaian kenaikan suku bunga oleh bank sentral.

Dolar melonjak 0,8% pada hari Rabu, sementara imbal hasil Treasury 10-tahun melonjak hampir 4%. Pasar sekarang memperkirakan peluang hampir 100% bahwa Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin untuk pertemuan keempat berturut-turut di bulan November.

Logam mulia lainnya juga mencatat kerugian tajam. Platinum merosot lebih dari 3%, sementara perak kehilangan 1,1%.

Di antara logam industri, harga tembaga turun ke level terendah lebih dari tiga minggu bahkan di tengah tanda-tanda bahwa pasokan akan mengetat dalam waktu dekat. Laporan produksi menengah dari penambang utama BHP Group Ltd dan Rio Tinto Ltd juga memberi makan kerugian logam minggu ini, karena kedua penambang memperingatkan hambatan permintaan.

Tembaga berjangka turun 0,2% menjadi $3,3180 per pon pada hari Selasa, setelah jatuh lebih dari 2% dalam tiga sesi terakhir.

Melemahnya aktivitas ekonomi di seluruh dunia sangat membebani harga tembaga tahun ini, bahkan ketika produksi yang melambat dan sanksi Rusia menekan pasokan.

Emas ke Terendah 3 Minggu Karena Lonjakan Yield AS

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.