Note

Mengenal Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN, Simak Profilnya

· Views 64
Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN, Myanmar (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu apa negara yang terletak paling utara di ASEAN? Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN adalah organisasi negara-negara di Asia Tenggara.

ASEAN sendiri didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, berdasarkan Deklarasi Bangkok yang ditandatangani oleh lima menteri luar negeri. 

ASEAN beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Kamboja.

Dari 10 negara tersebut, manakah yang letaknya paling utara? Simak penjelasan singkat iNews.id berikut ini.

Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN

Myanmar menjadi negara ASEAN yang terletak di paling utara. Myanmar sendiri bergabung menjadi anggota ASEAN pada 23 Juli 1997 bersamaan dengan Laos.

Selain itu, Myanmar juga menjadi negara yang letaknya paling barat diantara negara ASEAN lainnya.
Myanmar sendiri memiliki wilayah yang strategis karena berbatasan langsung dengan Bangladesh, China, Laos, Thailand, dan India.

Dulu, Myanmar dikenal dengan nama Burma dengan ibu kotanya adalah Yangon (Rangoon). Namun kemudian Ibu Kota Myanmar dipindahkan ke Pyinmana.

Untuk wilayahnya sendiri, Myanmar memiliki wilayah seluas 678.500 km² dengan area perairannya hanya 3,06%, dimana wilayah pesisir selatan berhadapan dengan Laut Andaman dan barat daya dengan Teluk Bengal.

Sedangkan dari segi pemerintahan, negara yang merdeka pada 4 Januari 1948 ini merupakan negara berbentuk republik dengan presiden sebagai kepala negara.

Melansir laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, sekitar 80 persen dari total populasi masyarakat di Myanmar merupakan pemeluk agama Buddha. Oleh karenanya, paling tidak ada satu patung, pagoda, maupun biara Buddha di setiap tempat.

Dalam bidang ekonomi, penduduk Myanmar sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dimana hasil utamanya yaitu padi yang diekspor ke luar negeri.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.