Note

Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 Sampaikan Aksi Konkret Hadapi Tantangan Ekonomi Global

· Views 18

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) Keempat diselenggarakan pada 12-13 Oktober 2022 bersamaan dengan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Grup Bank Dunia (World Bank Group) 2022.

Dalam pertemuan terakhir tersebut, para Menteri dan Gubernur Bank Sentral G20 menegaskan komitmen mereka untuk memecahkan tantangan ekonomi global.

Berikut ini rangkuman hasil pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Keempat G20:

Baca juga: FMCBG G20 Sebut Konflik Rusia-Ukraina Bisa Ganggu Pemulihan Ekonomi Global

1. Dukung pemulihan ekonomi global

Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral berkumpul kembali untuk keempat kalinya untuk mengambil tindakan nyata guna mengatasi tantangan ekonomi global.

Perekonomian global mengalami berbagai tantangan seperti inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan, kondisi keuangan yang semakin ketat, perang Rusia dan Ukraina, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan ketidaksesuaian penawaran-permintaan yang memperlambat ekonomi global.

Berdasarkan hal tersebut, para anggota G20 menegaskan berkomitmen terhadap kebijakan yang terkalibrasi, terencana, dan dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung pemulihan berkelanjutan dan mengurangi efek pandemi untuk mendukung pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Kemudian, G20 menekankan pentingnya menjaga respon kebijakan fiskal yang mampu bergerak cepat dan fleksibel, serta langkah-langkah pengendalian yang bersifat sementara dan tepat sasaran untuk menghindari tekanan inflasi yang tinggi.

Dalam hal ini, G20 menegaskan kembali pentingnya kerja sama kebijakan makro untuk menjaga stabilitas keuangan, dan kebijakan fiskal jangka panjang yang berkelanjutan serta melindungi risiko penurunan dan dampak negative efek spillover.

Selain itu, G20 juga menegaskan pentingnya kebijakan makroprudensial, kemajuan Agenda Pembangunan Berkelanjutan, dan transisi berkelanjutan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.