Note

Guo Guangchang, Miliarder China yang Raup Untung Besar dari Bisnis Vaksin Covid-19

· Views 28
Guo Guangchang merupakan ketua sekaligus pendiri Fosun International. Miliarder asal China ini diketahui sempat untung besar dari bisnis vaksin di masa pandemi. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Guo Guangchang merupakan ketua sekaligus pendiri Fosun International. Miliarder asal China ini diketahui sempat untung besar dari bisnis vaksin di masa pandemi Covid-19. 

Pria kelahiran tahun 1967 ini meraih keuntungan berkat kemitraan dengan BioNTech dan Pfizer, di mana salah satu vaksinnya merupakan vaksin yang laris dan sukses di dunia. Vaksin tersebut berhasil salam melawan virus corona.

Namun hampir setahun kemudian, suntikan dengan vaksin Pfizer-BioNTech masih belum disetujui di China daratan. Bahkan dalam beberapa waktu kemudian Beijing justru memberikan dukungannya pada vaksin mRNA buatan sendiri dari Walvax Biotechnology Co.

Menurut data Forbes, Guo merupakan orang terkaya ke-50 di China pada 2021. Kini harta kekayaan Guo tercatat sebesar 2,5 miliar dolar AS atau setara Rp38,68 triliun. 

Pada tahun 1992, Guo mendirikan Guangxin Technology Development Company Ltd, bersama temannya, Liang Zinjun dan Tan Jia, yang merupakan salah satu yang pertama menggunakan metode ilmiah dalam riset pasar di daratan Tiongkok.

Kemudian, paa tahun 1994, Guo menjadi ketua Fosun Group dan berinvestasi dalam asuransi, farmasi dan perawatan kesehatan, properti, baja, pertambangan, ritel, jasa, keuangan dan investasi lainnya sehingga menciptakan salah satu perusahaan swasta terbesar di China, Fosun International yang mempekerjakan lebih dari 74.000 orang.

Pada tahun 2007, Fosun International perusahaan induk Fosun, terdaftar di HKSE. Fosun telah bekerja sama dengan IFC dalam bisnis reasuransi, berinvestasi di Club Med of France, perusahaan asuransi Fidelidade Seguros dari Portugal dan Folli Follie dari Yunani untuk bersama-sama mengeksplorasi peluang yang dibawa oleh pertumbuhan China ekonomi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.