Note

3 Tips Bikin Keuangan Sehat buat Millennial dan Gen Z

· Views 30

Jakarta, IDN Times - Kondisi kesehatan keuangan generasi muda, terutama Millennial dan Gen Z masih jauh dari kata fit. Itu berarti, mereka belum mampu mengelola keuangan mereka dengan baik dan kerap terjebak dalam situasi besar pasak daripada tiang.

Dalam riset OCBC NISP Financial Index ditemukan fakta bahwa generasi muda Indonesia memiliki kesehatan finansial buruk atau berada di angka 37,72. Angka itu jauh dibandingkan Singapura yang mencapai 61.

Riset tersebut juga menunjukkan hanya 14,3 persen anak muda yang terlihat berusaha menuju sehat finansial, tetapi nyatanya kondisi mereka masih belum ideal.

"Hal ini salah satunya dikarenakan pemahaman para generasi muda yang masih tidak tepat terkait bagaimana mengelola keuangan. Pemberitaan media juga menunjukan fenomena ikutan tren investasi saham, tapi menggunakan uang hasil utang, atau nekat terjun ke cryptocurrency menggunakan uang sekolah atau tabungan nikah," kata National Network Head Bank OCBC NISP, Jenny Hartanto, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, Jenny mengungkap tiga cara untuk membuat generasi muda sehat secara finansial.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Belajar di Luar Negeri

1. Memiliki ilmu

3 Tips Bikin Keuangan Sehat buat Millennial dan Gen Zunplash.com/freestocks

Hal pertama dan paling utama bagi Millennial dan Gen Z untuk fit secara keuangan adalah memiliki ilmu. Adapun, ilmu yang dimaksud adalah pengetahuan untuk bisa mengelola uang dengan baik.

Salah satu upaya untuk mendapatkan ilmu tersebut adalah dengan meningkatkan literasi keuangan. Para generasi muda mesti paham pentingnya investasi, pentingnya memiliki dana darurat, pentingnya memiliki tabungan atau simpanan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan.

"Fenomena anak muda saat ini memiliki aspirasi kejar cuan dengan way of life 'sultan' ini tidak diimbangi dengan pengetahuan serta advisory yang tepat soal pengelolaan keuangan," ujar Jenny.

Baca Juga: 5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!

2. Memperbaiki kebiasaan

3 Tips Bikin Keuangan Sehat buat Millennial dan Gen Zunsplash.com/austindistel

Cara kedua untuk mendapatkan kondisi keuangan yang sehat adalah dengan memperbaiki kebiasaan.

Menurut Jenny, generasi muda Indonesia saat ini cenderung memiliki kebiasaan menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

"Mereka kerap mengeluarkan uang untuk sesuatu yang padahal itu lebih besar dari pendapatan mereka," kata dia.

Hal itu biasanya terjadi untuk gaya hidup agar tidak menjadi yang ketinggalan di tongkrongan. Jika generasi muda selalu menuruti hal tersebut maka kondisi keuangan yang sehat dan fit hanya jadi angan-angan belaka.

3. Mengubah mindset

3 Tips Bikin Keuangan Sehat buat Millennial dan Gen ZIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal ketiga yang diperlukan untuk mendapatkan keuangan yang sehat adalah dengan mengubah mindset atau pola pikir.

Jenny mengatakan, saat ini banyak generasi muda Indonesia yang berpikir harus punya penghasilan besar dulu untuk bisa investasi. Pemikiran ini dianggap Jenny tidaklah benar dan harus diubah oleh Millennial dan Gen Z.

"Paradigma itu kurang benar karena investasi itu nggak menunggu penghasilan banyak. Di OCBC NISP kita ada namanya 'SafeTwenty' yang bisa buat orang investasi dengan hanya Rp20 ribu, ini kan sama dengan biaya beli kopi," ucap Jenny.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan bagi Perempuan Karier, Dompet Tetap Sehat!

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.