Note

Efek Harga Minyak Dunia Naik, Harga BBM Makin Mahal?

· Views 37
Efek Harga Minyak Dunia Naik, Harga BBM Makin Mahal?
Antrean BBM di SPBU Lhokseumawe. (Antara)

Suara.com - Harga minyak dunia terpantau naik sejak Rabu (5/10/2022) menyusul keputusan OPEC+ yang menyetujui pemotongan produksi hingga 2 juta barel per hari. Lalu apakah kenaikan harga minyak dunia bikin BBM makin mahal? Pemerintah memang tetap memberlakukan subsidi yang sama untuk Pertalite dan Solar.

Namun, untuk BBM non-subsidi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo kenaikan harga mungkin terjadi. Namun lonjakan tersebut belum tercium hingga kini. 

Seperti diketahui pemotongan produksi ini menjadi yang paling besar sejak Pandemi Covid-19 melanda pada 2020 silam. Pada bursa perdagangan sejak Rabu, harga minyak Brent terpantau USD 93,37 per barel atau sudah naik 1,7 persen dibandingkan hari sebelumnya. Harga minyak Brent juga diperkirakan bisa mencapai USD 100 per barel di bulan Desember 2022 mendatang.

Sebelumnya OPEC+ setuju untuk memangkas produksi setelah harga minyak turun di tengah ancaman resesi global 2023 mendatang. Pemotongan ini diharapkan mampu mengembalikan harga minyak yang sempat anjlok.

Baca Juga: OPEC Plus Sepakat Pangkas Produksi 2 Juta Barel, Harga Minyak Dunia Melesat

Penurunan produksi juga dipengaruhi oleh kenaikan suku bunga acuan bank di Amerika Serikat dan negara adikuasa lainnya. Keputusan ini ditentang oleh Amerika Serikat karena khawatir harga bensin di sana akan naik. 

Efek Harga Minyak Dunia Naik, Harga BBM Makin Mahal?
Harga minyak dunia naik tipis [Foto: ANTARA]

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan Rusia juga memangkas produksi minyak untuk mengimbangi efek negatif dari pembatasan harga yang diberlakukan oleh Barat atas tindakan Moskow di Ukraina.

Di Indonesia, kenaikan harga BBM sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor. Menteri Keuangan Sri Mulyani angkat bicara soal kenaikan harga BBM ini. Utamanya soal hubungan antara harga minyak dunia dengan harga BBM di Indonesia.

"Kami terus mengalami perhitungan dengan harga ICP yang turun ke USD 90 sekalipun maka subsidi masih akan besar," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui akun Youtube Sekretariat Presiden.

Namun demikian, subsidi minyak masih berada di USD 98,9 meskipun harga minyak turun hingga USD 90 per barel. Pasalnya harga minyak dunia rata-rata sejak awal tahun (year-to-date/ytd) masih berada di level USD 97 per barel.

Baca Juga: Sebulan Kenaikan Harga Jasa Jip Wisata di Sleman, Minat Wisatawan Masih Tinggi

"Dengan perhitungan ini maka angka kenaikan subsidi yang waktu itu disampaikan di media dari Rp502 triliun tetap akan naik. Tidak menjadi Rp698 triliun namun Rp653 triliun," jelasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.