Note

4 Cara Bantu Karyawan yang Alami Stres Karena Masalah Finansial

· Views 28
4 Cara Bantu Karyawan yang Alami Stres Karena Masalah Finansial
Ilustrasi karyawan stres (Freepik.com/wavebreakmedia-micro)

Suara.com - Kekhawatiran masalah finansial akibat ketidakpastian ekonomi dan kenaikan harga kebutuhan pokok bisa menjadi salah satu sumber stres bagi banyak pekerja Indonesia. Dan ini bisa memberikan dampak serius pada kesehatan mental mereka.

Faktanya, lebih dari sepertiga (37%) karyawan Indonesia mengalami stres sehari-harinya, dan satu dari tiga memiliki kondisi finansial yang lebih buruk dari sebelumnya, menurut laporan Mercer Marsh Benefits.

“Banyak karyawan yang mengalami stres finansial lebih dari sebelumnya dan berharap mendapatkan dukungan dari perusahaan,” ujar Tobias Fischer, CEO wagely, mengutip siaran tertulis.

“Survei Kesehatan Finansial kami menunjukkan, 33% karyawan menyatakan sangat tidak khawatir dengan kondisi finansial mereka setelah menggunakan wagely, sementara 39% menyatakan tidak khawatir. Mengingat adanya hubungan jelas antara kekhawatiran soal uang dan kesehatan mental, perusahaan memiliki peran penting dalam mendukung kesejahteraan finansial pekerja mereka,” kata Tobias.

Baca Juga: Apple Pecat Karyawan Eksekutif Usai Video Lelucon Kasar Viral di TikTok

Selain memengaruhi kesehatan mental, masalah keuangan pribadi karyawan ternyata juga berdampak terhadap perusahaan. Studi PwC membuktikan bahwa efek dari stres finansial dapat meluas hingga ke perputaran karyawan, produktivitas terhambat, ketidakhadiran, dan rendahnya keterlibatan.

Sederhananya, karyawan yang fokus pada masalah keuangan pribadi tidak akan fokus pada pekerjaan mereka.

Lantas, bagaimana perusahaan dapat membantu meringankan stres ini? Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia, mari simak lima cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan.

1. Cari tahu apa yang menjadi kesulitan karyawan

Tidak ada satu cara ajaib yang paling tepat untuk membantu mengurangi stres masalah finansial, karena setiap karyawan memiliki kebutuhan finansial yang berbeda. Di sinilah survei dapat membantu mencari tahu apa yang membuat karyawan stres dan benefit apa yang paling dibutuhkan. Mulailah dengan survei dan temukan cara terbaik dalam mendukung karyawan Anda.

Baca Juga: Pekerjakan 1.800 Karyawan, Co Founder Kenari Djaja Komitmen Tingkatkan Kualitas Produk

2. Tambahkan pelatihan keuangan ke dalam sumber penunjang kesehatan mental

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.