Note

EUR/USD Lanjutkan Kenaikan ke Tertinggi 2-Minggu di Atas 0,9900 Jelang Lagarde

· Views 37
  • EUR/USD mempercepat laju dan menembus 0,9900.
  • Dolar tetap berada di bawah tekanan, karena DXY menembus 111,00.
  • Presiden ECB Lagarde akan berbicara di sesi ini.

Ketika greenback mempercepat penurunan hariannya, EUR/USD mempertajam pergerakannya ke atasnya dan menembus di atas rintangan utama 0,9900 pada hari Selasa.

EUR/USD sekarang menargetkan zona paritas

Memang, EUR/USD sekarang menavigasi area tertinggi baru 2 minggu di atas rintangan 0,9900, selalu ditopang oleh nada yang lebih lemah di sekitar dolar, yang pada gilirannya tertekan di balik latar belakang penurunan imbal hasil AS di seluruh kurva.

Namun, penurunan imbal hasil tidak berarti eksklusif untuk pasar utang AS. Faktanya, imbal hasil obligasi 10-tahun Jerman mundur ke terendah multi-sesi di sekitar 1,75% setelah naik ke level-level yang terakhir terlihat pada Agustus 2011 beberapa sesi yang lalu.

Dari sisi data di Euroland – dan ketika pelaku pasar menunggu Presiden ECB Lagarde – Harga Produsen di zona euro naik lebih besar dari yang diperkirakan 5% MoM di Agustus dan 43,3% selama dua belas bulan terakhir.

Di AS, semua perhatian akan tertuju pada rilis Pesanan Pabrik dan pidato Logan, Williams, Mester, Jefferson dan Daly dari FOMC.

Apa yang harus diamati di sekitar EUR

EUR/USD mempertahankan pemulihan kuatnya dengan baik dan sehat dengan target baru di lingkungan 0,9900, selalu dengan latar belakang penurunan intens greenback.

Sementara itu, aksi harga di sekitar mata uang Eropa diperkirakan akan mengikuti dinamika dolar, kekhawatiran geopolitik, dan divergensi The Fed-ECB. Divergensi telah lebih jauh diperburuk setelah kenaikan suku bunga terbaru The Fed dan pesan hawkish yang gigih dari Powell dan rekan-rekan penentu suku bunga lainnya.

Selain itu, meningkatnya spekulasi potensi resesi di kawasan – yang terlihat ditopang oleh penurunan sentimen serta perlambatan yang baru mulai terjadi di beberapa fundamental – menambah sentimen buruk di sekitar euro.

Peristiwa penting di kawasan euro minggu ini: Pertemuan Eurogroup, IMP Manufaktur Final Jerman, UME (Senin) – Presiden ECB Lagarde (Selasa) – Neraca Perdagangan Jerman, IMP Jasa Final UME, Jerman (Rabu) – IMP Konstruksi Jerman, Penjualan Ritel UME, Akun ECB (Kamis) – Penjualan Ritel Jerman (Jumat).

Masalah utama yang memengaruhi: Kelanjutan siklus kenaikan suku bunga ECB. Perkembangan pasca-pemilu Italia. Risiko fragmentasi di tengah normalisasi ECB terhadap kondisi moneternya. Dampak perang di Ukraina dan persistennya krisis energi pada prospek pertumbuhan dan prospek inflasi kawasan.

Level-level EUR/USD yang harus diperhatikan

Sejauh ini, EUR/USD naik 0,95% di 0,9918 dan penembusan 0,9934 (tertinggi mingguan 3 Oktober) akan menargetkan 1,0032 (SMA 55-hari) lalu 1,0050 (tertinggi mingguan 20 September). Di sisi lain, support berikutnya di 0,9535 (terendah 2022 pada 28 September) di depan 0,9411 (terendah mingguan 17 Juni 2002) dan terakhir 0,9386 (terendah mingguan 10 Juni 2002).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.