Note

Selain Kursus, Ini 4 Cara Mudah dan Murah Menjadi Barista

· Views 17
Selain Kursus, Ini 4 Cara Mudah dan Murah Menjadi Barista
Ilustrasi Barista. (Unsplash/Ali Yahya)

Suara.com - Seiring dengan pesatnya perkembangan kedai kopi lokal di Indonesia, profesi barista kian dilirik, terutama oleh para anak muda. Apakah kamu salah satunya yang tertarik menjadi barista?

Untuk menjadi barista, tentu saja kamu harus memiliki kemampuan untuk mengenali berbagai biji kopi, serta cara mengolah dan meraciknya menjadi berbagai jenis minuman. Dan semua keterampilan itu bisa didapat melalui kursus barista yang umumnya membutuhkan durasi beberapa bulan.

Tapi, ada cara lain yang lebih mudah dan tentu saja murah untuk memiliki kemampuan barista tanpa harus ikut kursus. Apa saja? Ini dia:

1. Kursus Online

Baca Juga: Heran Barista Selalu Ramah Layani, Pria Ini Dapatkan Jawaban Alasan Tak Terduga

Dibandingkan kursus offline, tentu saja kursus online ini lebih murah, bahkan beberapa ada yang gratis. Kamu bisa membuka situs Chefsteps, salah satu situs yang memberikan kesempatan untuk kursus online. Materinya berisi pengantar tentang teori dasar membuat espresso, latte art, steaming milk, hingga resep-resep membuat kopi. Selain itu, ada juga informasi mengenai sejarah kopi mesin penggilingan, peralatan mesin barista, hingga cara memilih biji kopi.

2. Belajar Otodidak

Seiring dengan menjamurnya coffee shop di Indonesia, banyak situs-situs yang membahas tentang kopi, salah satunya yang bisa jadi referensi adalah situs majalah kopi Otten. Situs ini memberikan informasi yang lengkap tentang berbagai metode pembuatan kopi, aneka tips hingga profil barista terbaik baik dalam maupun luar negeri. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui cerita dan pengalaman ngopi di kafe-kafe terkenal yang ada di seluruh dunia.

3. Aktif Mengikuti Workshop

Workshop dan pameran tentang kopi juga kian banyak diadakan. Nah, cara menjadi barista juga bisa kamu tempuh dengan rajin mengikuti workshop kopi. Di sana kamu bisa menambah pengetahuan mengenai kopi, beserta jenis dan teknik terbaik untuk meraciknya. Tidak cuma itu saja, kamu juga berkesempatan mencicipi kopi buatan barista profesional, sambil bertanya-tanya mengenai teknik pembuatannya.

Baca Juga: Punya Teman Barista Starbucks, Sajian Minuman yang Didapat Wanita Ini Bikin Gemas

4. Ikut Komunitas Kopi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.