Note

Bio Farma Ekspor Vaksin Polio Tipe 2 ke UNICEF

· Views 38

Pasardana.id - Induk utama holding BUMN, PT Bio Farma mengekspor vaksin polio tipe 2 kepada United Nations Children's Fund (UNICEF).

Ekspor tersebut dilakukan setelah mendapatkan kontrak permintaan dari UNICEF untuk alokasi tahun 2022 dan 2023 melalui skema multilateral.

“Saat ini, yang membeli produk polio tipe 2 tersebut adalah UNICEF, secara multilateral (kerja sama lebih dari dua negara-red). Vaksin polio tipe 2 menjadi salah satu cara untuk mencegah perluasan wabah polio di dunia," kata Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (29/9/2022).

Honesti menuturkan, pendistribusian vaksin polio ke berbagai negara di dunia dilakukan sendiri oleh Bio Farma.

Bio Farma juga menyatakan siap mendistribusikan vaksin polio ke berbagai negara.

“UNICEF menerbitkan PO (purchase order) kepada Bio Farma. Misalnya, UNICEF menerbitkan PO untuk pengiriman ke Nigeria, maka Bio Farma mengirimkan secara langsung ke negara tersebut," ucapnya.

Diketahui, vaksin polio novel Oral Polio Vaccine tipe 2 (nOPV2) telah mendapatkan izin penggunaan dalam kondisi darurat Emergency Use of Authorization (EUA).

Selain itu, dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Emergency Use of Listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Honesti menjelaskan, vaksin nOPV2 ditujukan ke sejumlah negara di Afrika, Eropa, dan Timur Tengah.

Karena, katanya, Indonesia telah bebas polio sejak 2014.

Negara-negara Afrika pengguna vaksin nOPV2 dari Bio Farma itu, diantaranya; Aljazair, Kamerun, Kongo, Djibouti, Ethiopia, Gambia, Ghana, Nigeria, Senegal, dan Uganda.

Sementara di benua Eropa, penggunanya adalah; Israel dan Ukraina, sedangkan di Timur Tengah adalah Mesir, Iran, Somalia, dan Yaman.

Selain memproduksi vaksin polio, Bio Farma juga menjadi laboratorium rujukan untuk pemeriksaan setiap sampel virus polio.

Lebih jauh, Honesti menyampaikan, kontribusi Bio Farma dalam menyediakan vaksin polio telah sejalan dengan salah satu isu prioritas yang akan dibahas dalam Presidensi G20 yaitu pembangunan kesehatan global.

Melalui momentum Presidensi G20, kata dia, Indonesia juga menunjukkan keberhasilan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 dan dan Bio Farma menjadi salah satu garda terdepan dalam vaksinasi di Tanah Air.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.