Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menaikkan tingkat bunga penjaminan (TBP) simpanan dalam rupiah di bank umum sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 3,75 persen menjadi salah satu berita yang banyak dibaca pada Selasa (27/9).
 
Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan kepada segenap pemangku kepentingan pariwisata untuk memikirkan bersama bagaimana sektor itu bisa lebih tangguh dan semakin menyejahterakan masyarakat.
 
Berikut berita-berita ekonomi terpopuler kemarin yang masih layak disimak, selengkapnya:
 
LPS naikkan tingkat bunga penjaminan simpanan rupiah jadi 3,75 persen
 
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menaikkan tingkat bunga penjaminan (TBP) simpanan dalam rupiah di bank umum sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 3,75 persen dan sebesar 50 bps untuk simpanan dalam valuta asing di bank umum menjadi 0,75 persen.
 
Selain itu, TBP simpanan rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga ditingkatkan sebesar 25 bps menjadi 6,25 persen.
 
Presiden: Pariwisata harus lebih tangguh dan sejahterakan masyarakat
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan kepada segenap pemangku kepentingan pariwisata untuk memikirkan bersama bagaimana sektor itu bisa lebih tangguh dan semakin menyejahterakan masyarakat.
 
Seruan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara puncak peringatan World Tourism Day ke-42 di Bali, Selasa.
 
Presiden Jokowi tegaskan tidak ada impor aspal pada 2024
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak ada impor aspal pada dua tahun mendatang atau 2024 karena industri dalam negeri akan dipacu untuk memenuhi kebutuhan bahan baku pembuat jalan itu.
 
“Sehingga tadi sudah kita putuskan, dua tahun lagi tak ada impor aspal. Semuanya harus dikerjakan oleh Buton (Sulawesi Tenggara). BUMN silahkan, swasta silahkan, join dengan asing silahkan,” kata Presiden Jokowi usai meninjau Pabrik Aspal PT Wika Bitumen, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa, sebagaimana tayangan yang disiarkan Sekretariat Presiden.
 
Sandiaga dukung kendaraan listrik untuk pariwisata di Bali
 
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penggunaan kendaraan listrik untuk sektor pariwisata khususnya di Provinsi Bali.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Provinsi Bali telah ditetapkan sebagai proyek percontohan program penerapan kendaraan listrik berbasis baterai.
 
Indonesia upayakan AMM G20 sepakat bahwa "barrier" pangan dihapus
 
Pemerintah Indonesia mengupayakan negara anggota G20 pada pertemuan menteri pertanian (AMM) di Bali, Rabu (28/9), dapat membuat kesepakatan bahwa tidak boleh ada hambatan atau aksi blokade (barrier) yang mengganggu rantai pasok pangan dunia.
 
Pasalnya, pangan merupakan bagian dari hak asasi manusia (human rights) sehingga negara-negara harus memastikan rantai pasok pangan dunia tetap terbuka, transparan, dapat diprediksi terutama terkait ketersediaannya, dan terjangkau harganya.


Baca juga: Kemarin, Start up tangkap peluang sektor pangan dan belanja subsidi
Baca juga: Kemarin, Mendag usul serap hasil petani dan uji coba kompor listrik
Baca juga: Kemarin, suku bunga acuan naik hingga usulan PMN ke 8 BUMN

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022