Note

Kemenhub Klaim Jumlah Kargo di Bandara Kertajati Terus Meningkat

· Views 21

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Nur Isnin Istiartono mengatakan, jumlah kargo yang diangkut dari Bandara Kertajati, Jawa Barat terus meningkat.

Berdasarkan data dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada 2019, jumlah kargo yang diangkut mencapai 127 ton. Namun pada 2020, tidak ada kargo yang diangkut sejalan pengetatan penerbangan akibat pandemi Covid-19.

Sementara pada 2021, jumlah kargo meningkat menjadi 146 ton.

"Tahun ini hingga pertengahan September, sudah 6.269 ton kargo yang diangkut dari Bandara Kertajati," kata Isnin dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Umrah, Haji dan Internasional di November 2022

Isnin meyakini, jumlah kargo tersebut terus meningkat mengingat fasilitas kargo di Bandara Kertajati terus ditingkatkan, selain jumlah penerbangan yang juga terus meningkat.

Isnin mengungkapkan, saat ini salah satu perusahaan regulated agent yaitu PT. Adhya Bumi Persada dalam proses pembangunan gudang di area bandara dengan luas lahan 15.000 meter persegi dan ditargetkan selesai sekitar akhir September 2022.

"Penambahan volume kargo di Bandara Kertajati diharapkan dapat meningkatkan trafik angkutan kargo khususnya melayani daerah sekitar Bandara Kertajati," ujarnya.

Dengan perkembangan tersebut, Isnin meyakini Bandara Kertajati akan menjadi salah satu fondasi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

"Wilayah ini juga semakin lengkap dengan dukungan pembangunan kawasan ekonomi di Subang dan Cirebon bersama dengan Pelabuhan Patimban yang akan menjadi pusat logistik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Isnin mengatakan, dengan didukung Tol Akses BIJB Kertajati yang menghubungkan Bandara Kertajati dengan Jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) dan nantinya akan terkoneksi juga dengan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) yang selesai Oktober nanti, diharapkan dapat menunjang konektivitas di Jawa Barat.

"Semoga dengan fasilitas penunjang yang telah dipersiapkan, Bandara Kertajati semakin siap dalam melayani kebutuhan masyarakat akan layanan transportasi udara baik penumpang maupun kargo," ucap dia.

Baca juga: Menhub Targetkan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Komersial Desember 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.