Note

Terinspirasi dari Sopir Truk, Brand Lokal Hasilkan Produk Unik

· Views 31

Jakarta, IDN Times – Terobosan unik dilakukan oleh Telusur Kultur lewat bidang fesyen. Brand lokal ini dikenal karena konsisten mengusung budaya Indonesia. Tidak hanya soal sejarah dan legenda di masa lalu, Telusur Kultur juga fokus memperkenalkan kebudayaan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun terobosan baru yang dilakukan oleh Telusur Kultur adalah menggunakan lukisan di belakang truk sebagai motif pakaian.

“Tulisan-tulisan unik tersebut memang tidak terlepas dari keresahan yang dialami oleh para sopir truk. Tidak hanya membuat kita terhibur, tulisan-tulisan yang mereka ukir di belakang truk sering membuat kita berpikir mengenai kehidupan,” kata Rinaldi mewakili Telusur Kultur, saat ditanya kenapa menjadikan truk sebagai inspirasi bisnis.

1. Telusur Kultur komitmen mengusung tema Indonesia

Terinspirasi dari Sopir Truk, Brand Lokal Hasilkan Produk UnikProduk terbaru Telusur Kultur (Dok. IDN Times/Istimewa)

Apa yang dilakukan Telusur Kultur adalah sebuah langkah berani. Saat pebisnis lain memilih untuk mengikuti tren dan selera pelanggan, mereka dengan percaya diri menawarkan sesuatu yang baru. Bahkan dilirik oleh orang-orang kenamaan di Indonesia.

Jika dilihat pada website resminya, banyak model pakaian yang mereka hasilkan. Rata-rata mengangkat keunikan Indonesia, terutama soal budaya Indonesia.

“Telusur Kultur menjadi platform untuk mengenal kembali akan sejarah dan kebudayaan Indonesia. Tak kenal maka tak sayang, bukan?” tutur Rinaldi.

Baca Juga: 5 Budaya Denpasar yang Jadi Warisan Budaya Tak Benda

2. Terinspirasi dari kutipan Pramoedya Ananta

Terinspirasi dari Sopir Truk, Brand Lokal Hasilkan Produk UnikProduk terbaru Telusur Kultur (Dok. IDN Times/Istimewa)
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Daftar 13 Ruas Tol Baru yang Akan Beroperasi hingga Akhir 2022
  • Karyawan Shopee yang Kena PHK Dapat Pesangon dan Sebulan Gaji
  • KAI Perketat Pengawasan Tanah di Jaktim usai Gusur 120 Bangunan Liar

Berangkat dari kutipan Pramoedya Ananta Toer, Telusur Kultur berusaha untuk mengemas ciri khas Indonesia agar sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga dapat menarik minat anak muda.

“Kalau orang tak tahu sejarah bangsanya sendiri, Tanah Airnya sendiri, gampang jadi orang asing di antara bangsa sendiri,” demikian kutipan Pramoedya Ananta Toer yang jadi inspirasi.

“Dengan suka cita, Telusur Kultur membawa kembali nuansa khas Indonesia dalam bentuk baru,” kata Rinaldi.

Selain berusaha melestarikan budaya Indonesia lewat fesyen, upaya yang dilakukan Telusur Kultur juga bertujuan untuk mendukung UMKM Indonesia. Khususnya para pelaku usaha fesyen yang ada di daerah.

3. Ingin mengeluarkan produk selain pakaian

Terinspirasi dari Sopir Truk, Brand Lokal Hasilkan Produk UnikProduk terbaru Telusur Kultur (Dok. IDN Times/Istimewa)

Brand lokal Indonesia ini pun memiliki koleksi selain fasyen dengan motif yang tak kalah unik, salah satunya pernah dikenakan oleh Manteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam beberapa kesempatan.

Sandi kerap terlihat mengenakan kemeja “Rasa Nusantara” yang bermotif aneka makanan Indonesia. Motif-motif unik seperti makanan dan minuman memang sedang menjadi tren saat ini. Selain bertujuan menarik perhatian pelanggan, penggunaan motif seperti itu dinilai lebih estetik. Sehingga bisa dipamerkan menjadi gaya OOTD (Outfit of The Day) di media sosial.

“Kita dapat menceritakan mereka dengan pendekatan yang baru, sehingga lebih relevan dan mudah diterima untuk masyarakat luas,” terangnya.

Tidak terbatas di produk pakaian, nantinya Telusur Kultur juga terus menyuarakan nilai budaya tiap daerah di Indonesia lewat berbagai produk, seperti makanan, minuman, hingga konten-konten berbasis edukasi.

Harapannya dapat menjadi brand lokal yang mampu memperkenalkan budaya Indonesia tidak hanya di dalam negeri, tapi hingga ke kancah Internasional, kata Rinaldi. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia, Sarat Budaya!

Baca Artikel Selengkapnya
Terinspirasi dari Sopir Truk, Brand Lokal Hasilkan Produk Unik Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.