Note

Delegasi G20 Puji Kopi Indonesia: Benar-benar Nikmat

· Views 29
Delegasi G20 puji kopi Indonesia: benar-benar nikmat. Foto: g20.0rg

JAKARTA, iNews.id - Specialty coffee Indonesia dalam pertemuan ke-3 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) dan Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 19-23 September 2022 mencuri perhatian delegasi G20. Kopi Indonesia yang disajikan dalam gelaran itu mendapat pujian dari mereka.

Delegasi TIIWG asal Spanyol, Martha Fernandez Ferrero dan Alvaro Rodriguez Ruiz mengaku baru pertama kali mencoba kopi dari Aceh. Namun mereka mengaku sangat menikmatinya. 

"Ini pertama kalinya saya mencoba dan memilih kopi dari Aceh. Ini enak dan bisa saya rekomendasikan," kata Martha dalam keterangannya, Rabu (21/9/2022).

Delegasi asal Brasil, Luciana Vasques Fanesi, juga mengakui kenikmatan kopi Indonesia. 

"Kopi Indonesia benar-benar nikmat," ujarnya.

Adapun produk specialty coffee yang disuguhkan berasal dari jenama Anomali. Anomali hadir sebagai minuman resmi (official baverages partner) dalam pertemuan ke-3 TIIWG dan TIIMM di Bali. 

Marketing Manager PT Anomali Coffee Nadya Eka Putri mengatakan, para delegasi bisa mencicipi secara cuma-cuma beberapa varian kopi yang disajikan baik single origin maupun special blend, seperti kopi Bali Ulian, Kintamani, Aceh, Toraja, Papua, dan Bajawa.

Pada gelaran TIIWG-TIIMM kali ini, Anomali juga menghadirkan sesuatu yang khas, yaitu kemasan eksklusif dua varian kopi asal Bali, yaitu Bali Ulian dan Bali Kintamani. Kemasan kedua kopi tersebut dihias sketsa pemandangan khas Bali karya seniman Indonesia, di mana kemasan kopi Bali Kintamani bergambar sawah terasering dan kemasan kopi Bali Ulian bergambar panorama pantai.

"Karena acara ini di Bali, maka kita harus dukung promosi Bali juga," ucap Nadya.

Dia menjelaskan, kemasan edisi spesial ini tak lepas dari upaya mempromosikan kekayaan alam Indonesia, khususnya Pulau Bali yang menjadi tempat penyelenggaraan TIIWG-TIIMM. 

Sementara itu, sambil minum kopi, para delegasi G20 juga diberikan wawasan mengenai jenis-jenis biji kopi Indonesia dan proses pembuatannya. Dalam gelas kopi juga diberikan informasi kode QR yang dapat diakses delegasi untuk mengetahui lebih jauh mengenai latar belakang kopi.

"Sejak hari pertama banyak yang datang dan ngobrol dengan kita. Sejauh ini komentarnya enak dan mereka happy," katanya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.