Note

Menhub Targetkan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Komersial Desember 2022

· Views 37

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dapat melayani penerbangan penumpang komersial pada November-Desember 2022 mendatang.

Budi mengatakan, dalam persiapannya, pemerintah telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai yakni Garuda Indonesia dan Lion Air.

"Insya Allah untuk pertama ada 4 penerbangan. Pada Desember nanti bertambah menjadi 8 penerbangan. Paling tidak ada 2 penerbangan untuk umrah," kata Budi saat meninjau Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Bandara Kertajati Ditargetkan Layani Penerbangan Umrah November 2022

Dalam kunjungannya, Budi mengajak Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen untuk melihat langsung aktivitas di Bandara Kertajati.

"Sekarang saya menunjukan kepada pak Dubes bahwa Bandara Kertajati juga bersiap untuk meningkatkan konektivitas udara," ujarnya.

Budi mengatakan, setelah terdampak pandemi Covid-19, Kemenhub bersama para stakeholder penerbangan telah melakukan upaya pemulihan dengan membuka penerbangan komersial dari Bandara Kertajati ke sejumlah daerah seperti Kalimantan dan Bali.

"Kita juga menunggu tersambungnya jalan tol dari Bandung pada bulan Oktober. Insya Allah pada Desember Bandara Kertajati sudah mulai ramai," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, Bandara Internasional ini akan semakin lengkap karena saat ini sudah konsisten melayani penerbangan kargo dan nantinya akan dibangun pusat perawatan pesawat (Maintenance, Reparation, Overhaul/MRO).

Ia juga menambahkan, Kertajati bersama Patimban dan Cirebon merupakan kawasan segitiga di Jawa Barat yang sangat potensial sebagai kawasan industri.

"Pengembangan kawasan industri yang akan dilakukan di sini akan memberikan dukungan bagi kinerja Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati," ucap dia.

Baca juga: Tol Cisumdawu Bakal Beroperasi Bulan Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.