Note

Perkuat Pasar di Indonesia Timur, BUAH Ekspansi di Kendari

· Views 38

Jakarta, IDN Times - Emiten penjual buah-buahan dan sayuran segar, PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) atau SKI berekspansi dengan membuka kantor cabang dan cold storage baru di Kendari, Sulawesi Tenggara. Hal itu dilakukan guna memperkuat pasar BUAH di Indonesia Timur.

Adapun ekspansi ini merupakan aksi korporasi pertama BUAH sejak mencatatkan diri perdana atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Agustus 2022.

"Puji syukur kepada Tuhan, pada hari ini, kami dapat membuka kantor cabang dan cold storage baru di Kendari. Dengan dibukanya cabang Kendari ini tentunya akan semakin memperkokohkan dan mendekatkan kami dengan visi kami yaitu, memenuhi kebutuhan buah, sayur, dan unggas masyarakat di Tanah Air," ujar Direktur Utama Segar Kumala Indonesia, Renny Lauren dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: Dekoruma Ekspansi Bisnis, Buka Showroom ke-20 di Bali

1. Ekspansi bikin BUAH punya kapasitas penyimpanan lebih besar

Perkuat Pasar di Indonesia Timur, BUAH Ekspansi di Kendariilustrasi buah (kiwi) (IDN Times/Sunariyah)

Renny menambahkan, pembukaan kantor cabang dan cold storage baru di Kendari jadi upaya pihaknya memperkuat posisi di Indonesia Timur.

Dengan demikian, BUAH bisa menjangkau lebih banyak masyarakat di pelosok timur Indonesia.

Selain itu, cabang baru di Kendari juga akan menambah kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh BUAH sebanyak 380-390 ton.

"Alhasil, total kapasitas cold storage perseroan akan menjadi sekitar 2.320 ton saat ini. Kami sangat optimistis dengan pembukaan kantor dan cold storage di Kendari ini, dengan harapan kami dapat menjangkau Indonesia bagian timur lebih jauh lagi nantinya," ujar Renny.

Baca Juga: BNI Terus Ekspansi Bisnis Global

2. BUAH berencana ekspansi lagi hingga akhir 2022

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Pembatasan Beli Pertalite dan Solar Tergantung Keputusan Jokowi
  • Tutup Usia, Segini Harta Kekayaan Ratu Elizabeth II
  • Pasar Belum Stabil, Cadangan Devisa RI per Agustus Rp1.962 Triliun
Perkuat Pasar di Indonesia Timur, BUAH Ekspansi di Kendariilustrasi buah (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, ekspansi masih akan dilakukan BUAH hingga akhir tahun ini. Renny mengatakan, pihaknya berencana membuka kantor cabang baru di Palu dan Bangka pada akhir 2022.

Rencana tersebut bakal menambah jumlah kantor cabang dan cold storage BUAH menjadi 14 unit.

"Secara keseluruhan, saat ini SKI telah memiliki 11 kantor cabang dan cold storage di berbagai wilayah di Indonesia. SKI juga memiliki tiga jalur distribusi utama dalam menjalankan usahanya yang berpusat di kota besar yakni Medan, Jakarta, dan Surabaya," beber Renny.

Adapun buah-buahan yang diimpor oleh SKI akan tiba di tiga pelabuhan utama tersebut untuk selanjutnya didistribusikan ke gudang penyimpanan cold storage BUAH yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

3. Kinerja BUAH selama semester I-2022

Perkuat Pasar di Indonesia Timur, BUAH Ekspansi di KendariIlustrasi Kenaikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sisi lain, Renny turut memaparkan kinerja BUAH selama semester-I 2022. Dia mengatakan, kinerja BUAH pada enam bulan pertama 2022 masih sesuai target kendati dihiasi sejumlah gejolak perekonomian yang terjadi saat ini.

Meski belum dirilis secara resmi, Renny mengungkapkan bahwa SKI masih mencatat kenaikan omzet hingga 25 persen secara tahunan/year on year (yoy).

Namun, kenaikan omzet tersebut masih diikuti kenaikan beban pokok pendaptan sebesar 34 persen dan kenaikan beban emisi operasional hingga 40 persen dari tahun lalu.

"Adanya kenaikan beban pokok belum kami imbangi dengan kenaikan harga produk saat ini karena kami mengkhawatirkan daya beli masyarakat. Akibatnya, laba bersih per kuartal-II 2022 kami proyeksi akan menyusut hingga 53 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun, kami masih optimistis periode akhir tahun masih akan dapat mengejar target yang sudah kami tetapkan," kata Renny.

Baca Juga: TICMIEDU: Platform Edukasi Pasar Saham Pertama di Indonesia

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.