Note

Holding Ultra Mikro Integrasikan 23,5 Juta Nasabah pada Akhir Agustus 2022

· Views 20
Holding Ultra Mikro Integrasikan 23,5 Juta Nasabah pada Akhir Agustus 2022

Satu Tahun Holding Ultra Mikro, Tingkatkan Kesejahteraan dan Percepat Inklusi Keuangan

Foto: Dok Republika
Outstanding pembiayaan Holding Ultra Mikro per akhir Agustus 2022 Rp 183,9 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding Ultra Mikro (UMi) dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebagai induk, bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengintegrasikan 23,5 juta nasabah sampai akhir Agustus 2022 dengan outstanding pembiayaan sebesar Rp 183,9 triliun.

Pada periode yang sama, penabung baru UMi mencapai 6,85 juta, atau melampaui target awal sebanyak 3,3 juta, sementara nasabah PNM Mekaar yang bergabung sebagai Agen BRILink sudah mencapai 40.121 nasabah.

Baca Juga
  • Anak Usaha Jasa Marga Ini akan IPO 2023
  • BTN Resmi Peroleh Tambahan Modal Negara Rp 2,48 Triliun
  • BCA Optimis Target Pertumbuhan Kredit 2022 Capai 10 persen

"Jadi kata kuncinya adalah sinergi. BRI, Pegadaian, dan PNM selama ini concern, fokus menangani UMKM. Kemudian dibentuknya holding ini benar-benar bersinergi yang bisa di-KPI-kan secara bersama, tidak jalan sendiri-sendiri, semuanya itu menyasar 55 juta nasabah ultra mikro di Indonesia," ujar Direktur Utama BRI Sunarso dalam keterangan resmi, Rabu (14/9/2022).

Ia mengatakan, sejak Holding UMi dibentuk pada September 2021, BRI telah menaikkelaskan 1,8 juta nasabah KUR Mikro ke Komersial di tahun 2021, dan diprediksi 2,2 juta nasabah dapat dinaikkelaskan di tahun 2022. Pembentukan holding UMi memperkuat komitmen ketiga perusahaan untuk meningkatkan skala usaha pelaku bisnis di segmen UMi karena ketiganya dapat lebih menjangkau masyarakat bawah melalui mekanisme group lending.

Holding UMi juga memberikan pendampingan agar masyarakat yang belum bankable dapat masuk ke dalam sistem layanan jasa perbankan. Setelah layak secara komersial, masyarakat yang sebelumnya tidak bankable dapat memilih akses permodalan berbasis gadai melalui Pegadaian, atau mengambil pinjaman kepada BRI seperti melalui produk Kupedes.

"Setelah itu kami dorong mereka untuk naik kelas dan kami ikuti journey-nya secara sistematis melalui sistem. Holding UMi ini juga sumber dana murah karena nasabah yang disasar bertransaksi, meskipun uangnya cuma Rp1 juta -Rp2 juta mereka diajari untuk punya tabungan, untuk menabung," ujarnya.

Sunarso menambahkan Holding UMi merupakan sumber pertumbuhan baru bagi BRI ke depan. "Ultra mikro ini selain sebagai sumber pertumbuhan baru akan memberikan banyak benefit, baik secara ekonomi maupun social value. Selain itu secara sustainable return kepada stakeholder BRI," tuturnya.

 

Holding Ultra Mikro Integrasikan 23,5 Juta Nasabah pada Akhir Agustus 2022
sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.