Note

Efek Domino Berlanjut, Rusia Stop Pasokan Minyak Dorong Kenaikan Harga Gas di AS

· Views 26
Efek Domino Berlanjut, Rusia Stop Pasokan Minyak Dorong Kenaikan Harga Gas di AS
Efek Domino Berlanjut, Rusia Stop Pasokan Minyak Dorong Kenaikan Harga Gas di AS (foto: MNC Media)

IDXChannel - Amerika Serikat (AS) tengah bersiap menyambut datangnya musim dingin dengan harga gas yang lebih mahal seiring melonjaknya permintaan dari negara-negara Uni Eropa (European Union/EU).

Lonjakan permintaan terjadi akibat kebijakan EU yang berhenti membeli minyak dari Rusia sebagai sanksi atas invasi Negeri Beruang Merah itu ke Ukraina. Hal ini memicu konversi kebutuhan minyak ke gas di negara-negara anggota EU, yang membuat permintaan gas seketika melonjak signifikan.

BACA JUGA:
Dua Raksasa Migas Asing Garap Wilayah Migas RI, Total Investasi USD12,1 Juta

Padahal di saat yang sama, Rusia juga telah memastikan menghentian pasokan gas ke EU, buntut dari kebocoran pipa Nord Stream 1 yang menjadi satu-satunya infrastruktur yang diandalkan untuk mengalirkan gas dari Kremlin ke negara-negara anggota EU. Sehingga, AS menjadi satu-satunya harapan bagi EU untuk mendapatkan pasokan gas yang dibutuhkan, terlebih jelang datangnya musim dingin.

"Ini adalah risiko, dan kami sedang mengupayakan untuk mengatasi pembatasan harga (minyak dunia)," ujar Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (13/9/2022).

BACA JUGA:
Antre Berjam-jam di Pelabuhan Merak, Petugas ASDP: Pemudik Pasti Kita Angkut Semua

Menurut Yellen, AS dan negara-negara EU telah sepakat menghentikan pembelian minyak dari Rusia, dan juga melarang seluruh layanan yang memungkinkan Rusia mengirimkan minyak dengan kapal tanker.

Tak hanya itu, AS bersama negara-negara G7 telah bersepakat membatasi harga ekspor minyak dari Rusia, serta menolak asuransi, keuangan, perantara, navigasi, dan layanan lainnya untuk kargo minyak dengan harga di atas batas harga minyak mentah dan produk minyak yang belum ditentukan.

BACA JUGA:
Perusahaan Migas Asing Berbondong-bondong Keluar dari Indonesia, Ada Apa?

"Apa yang kami lakukan semata-mata adalah menekan pendapatan (Rusia) yang bisa mereka gunakan untuk berperang di Ukraina, sambil tetap mempertahankan (ketersediaan) pasokan minyak agar menjaga harga global tetap rendah," tegas Yellen.

Dengan mengintervensi rantai distribusi minyak global, AS berharap dapat menjaga harga dan pasokan minyak dunia tetap stabil, sehingga upaya konversi ke gas tidak berjalan semassif yang dikhawatirkan, sehingga menimbulkan ketidakseimbangan pasar. (TSA)

Penulis: Ribka Christiana

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.