Note

Wow, Taipan Rusia Rogoh Rp14 Triliun dari Kantong Pribadi untuk Bangun Kembali Ukraina

· Views 33
Mikhail Fridman (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Taipan Rusia yang juga salah satu pendiri Alfa Bank, Mikhail Fridman, menawarkan bantuan 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp14,7 triliun dari uang pribadinya untuk Ukraina. Dana yang saat ini dibekukan di Inggris itu bisa digunakan membangun kembali Ukraina pascaperang.

Seorang pejabat perusahaan mengatakan kepada surat kabar Wall Street Journal (WSJ), dana itu akan diberikan melalui anak perusahaan Alfa Bank di Ukraina. Setelah itu beredar spekulasi bahwa ada tujuan di balik pemberian bantuan, yakni agar Inggris mencabut sanksi terhadap Fridman.

“Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Ukraina, bank ingin memainkan pemain aktif dalam memulihkan ekonomi Ukraina setelah perang,” kata Ketua Dewan Pengawas Alfa Bank cabang Ukraina, Roman Shpek, seperti dilaporkan kembali RT.

Shpek menjelaskan, dana tersebut bisa digunakan untuk membangun kembali infrastruktur, perawatan kesehatan, serta menciptakan ketahanan pangan dan energi Ukraina.

Awalnya perusahaan ingin mentransfer dana pada Juni ke Bank Nasional Ukraina. Namun rencana itu masih harus mendapat persetujuan ke Uni Eropa. 

Otoritas di Uni Eropa yang bertanggung jawab untuk melepas dana yang sudah dibekukan itu meninggalkan Eropa. Anak perusahaan Alfa di Ukraina juga mengajukan petisi kepada Dewan Eropa atas nama Fridman pada pekan lalu.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.