Note

Dolar Terpukul Koreksi Teknikal Jelang Akhir Pekan

· Views 60

Indeks dolar AS (DXY) mendadak jatuh lebih dari 1 persen pada awal perdagangan sesi Eropa hari Jumat (9/September). Berbagai pasangan mata uang mayor bergolak dengan volatilitas tinggi. AUD/USD meroket lebih dari 1.7 persen sampai kisaran 0.6875, sementara EUR/USD menyentuh 1.0110. GBP/USD dan NZD/USD juga meningkat lebih dari 1 persen, sedangkan USD/JPY dan USD/CAD terperosok jauh.

Dolar Terpukul Koreksi Teknikal Jelang Akhir Pekan Grafik DXY Daily via TradingView

Kalender Ekonomi tidak menjadwal event berdampak tinggi pada sesi Asia maupun Eropa, setelah kantor statistik Inggris membatalkan semua rencana rilis data ekonomi hari ini sehubungan dengan wafatnya Ratu Elizabeth II. Dua event penting mengemuka pada hari Kamis -- pidato Ketua The Fed dan pengumuman suku bunga ECB--, tetapi pergerakan tajam di pasar hari ini agaknya juga tak berkaitan dengan keduanya.

Haresh Menghani dari FXStreet mencatat dolar AS mengalami aksi jual baru dan mundur lebih lanjut dari rekor tertinggi dua dekade yang dicapai pada Rabu, setelah mengalami pergerakan harga yang tak menentu pada hari sebelumnya. Hal ini kemudian menjadi faktor utama yang memicu sejumlah aksi short-covering pada AUD/USD.

Menghani menyebutkan bahwa pemulihan tipis dalam sentimen risiko global hari ini --terlihat dalam kinerja pasar ekuitas yang positif-- mungkin melemahkan dolar AS sebagai aset safe haven. Namun, latar belakang fundamental ini tak cukup kuat untuk mendukung reli bullish berkelanjutan. Ia menilai kenaikan suku bunga The Fed yang agresif dan risiko resesi dapat membatasi pelemahan dolar AS.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.