Note

OJK Terbitkan Aturan

· Views 41
OJK Terbitkan Aturan OJK terbitkan aturan stock split saham (Foto: Okezone)

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan aturan stock split dan reverse stock. Aturan ini tercantum dalam Peraturan OJK Nomor 15/POJK.04/2022 tentang Pemecahan Saham dan Penggabungan Saham oleh Perusahaan Terbuka (POJK 15/2022).

Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) baru tertera bahwa perusahaan terbuka yang ingin melakukan stock split dan reverse stock wajib memperoleh persetujuan prinsip atas rencana stock split dan reverse stock dari Bursa Efek. Selain persetujuan prinsip, emiten juga tetap harus memperoleh persetujuan pemegang saham melalui RUPS.

BACA JUGA:Aksi Emiten Hari Ini, dari RUPS hingga Tebar Dividen

Menanggapi PJOK terbaru ini, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, mengatakan bahwa POJK ini merupakan peraturan pertama yang mengatur secara khusus mengenai stock split dan reverse stock. Sebelumnya Bursa mengatur beberapa ketentuan terkait stock split dan reverse stock dalam Surat Keputusan Direksi Bursa Nomor Kep-00101/BEI/12-2021 perihal Perubahan Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham Dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat.

BACA JUGA:IG Live Research Corner Hari Ini: Harga Minyak Mulai Turun, Seberapa Menarik Emitennya?

“Adanya POJK 15/2022 ini diharapkan dapat memberikan dasar hukum yang komprehensif untuk pelaksanaan stock split dan reverse stock oleh Perusahaan Terbuka,” ucapnya melalui keterangan resmi yang dikutip oleh MPI, Jumat (9/9/2022).

Dia menambahkan bahwa salah satu hal baru yang diatur dalam POJK ini adalah Perusahaan Terbuka wajib memperoleh persetujuan prinsip dari Bursa atas rencana stock split dan reverse stock sebelum pengumuman RUPS dalam rangka persetujuan stock split dan reverse stock.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Smart Home untuk Tingkatkan Keamanan Hunianmu

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.