Note

Kemenperin Optimistis Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 7 Persen hingga Akhir Tahun

· Views 24

JAKARTA, KOMPAS.com - Direkrut Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika optimistis industri makanan dan minuman (Mamin) dapat tumbuh 7 persen hingga akhir 2022.

Ia mengatakan sektor tersebut pada kuartal II-2022 telah memberikan kontribusi 38,38 persen bagi PDB industri pengolahan non migas, terbesar dibandingkan subsektor industri lainnya.

"Kami upayakan bisa terjadi (sampai 7 persen), kami sangat optimistis, pertama kalau kita lihat kegiatan masyarakat sudah bergerak, dari angka wisatawan saja sudah tinggi, di Bali sudah mulai macet hunian hotel sudah naik di sana dibutuhkan industri makanan dan minuman," kata Putu dalam acara Food Ingredients Asia Indonesia 2022 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: UPDATE Daftar Harga Telur Ayam Hari Ini di 30 Pasar Se-Jakarta

Putu mengatakan pada periode Januari-Juli 2022, ekspor industri makanan dan minuman mencapai 21,3 miliar dollar AS atau meningkat 9 persen dibanding periode yang sama di tahun 2021 dengan 19,5 miliar dollar AS.

Selain itu, hingga Semester I 2022 investasi di sektor industri mamin mencapai Rp 42 triliun, yang terdiri dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp9,34 triliun dan US$684,98 juta dari penanaman modal asing (PMA).

"Ini cukup besar dan kita harapkan dengan event ini lebih banyak lagi investasi tumbuh di akhir tahun ini," ujarnya.

Baca juga: Tidak Mampu Bangkit, IHSG Ditutup Melemah ke Level 7.186,76

Lebih lanjut, Putu mengatakan industri makanan dan minuman di Indonesia merupakan mesin dari pertumbuhan industri non migas karena didukung sumber daya alam yang melimpah dan diikuti permintaan yang tinggi.

"Meski terdampak pandemi, industri mamin menunjukkan ketahanannya," ucap dia.

Baca juga: Perindo: Imbas Kenaikan Harga BBM, Harga Jual Ikan dari Nelayan Naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.