Note

SKK Migas Dukung Pabrikan Lokal Tembus Pasar Global, Begini Langkahnya

· Views 43

Jakarta, IDN Times - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan komitmennya untuk mendukung pabrikan lokal penunjang industri hulu migas dalam negeri agar bisa menembus pasar global.

Hal tersebut dibuktikan dengan pemberangkatan perlengkapan dan logistik delegasi Indonesia Pavilion yang akan dipamerkan di Eksibisi Migas Asia (Oil & Gas Asia – OGA Exhibition 2022) di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 13-15 September 2022.

Sebanyak 20 perusahaan dalam negeri, termasuk pabrikan lokal penunjang industri hulu migas yang akan ambil bagian dan tergabung dalam delegasi Indonesian Pavilion di pameran tersebut.

"Pemerintah Indonesia melalui SKK Migas sangat serius mengawal dan memfasilitasi pabrikan dalam negeri untuk tembus ke pasar regional dan global. Kami bahkan sudah menyusun waktu pertemuan peserta delegasi Indonesian Pavilion dengan para pengambil keputusan dari perusahaan minyak internasional," ucap Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Erwin Suryadi, dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: SKK Migas-Pertamina-Chevron Sambangi Kepala Daerah WK Rokan

1. Indonesia pertama kalinya mengikuti Oil & Gas Asia Exhibition

SKK Migas Dukung Pabrikan Lokal Tembus Pasar Global, Begini LangkahnyaIlustrasi hulu migas (Dok. SKK Migas)

Pemerintah, sambung Erwin, pertama kalinya mengikuti Oil & Gas Exhibition. Dalam forum tersebut, pemerintah nantinya akan berada satu atap dengan para pelaku industri hulu migas lokal dan nasional.

"Bersama-sama kita akan mamakai badge merah-putih di Indonesia Pavilion. Kita tunjukkan bahwa industri hulu migas di Indonesia bisa bersaing di luar negeri," kata dia.

Oil & Gas Asia (OGA) merupakan salah satu eksibisi migas paling akbar di Asia. Di sana, pemangku kepentingan industri migas bertemu dengan para pengambil keputusan perusahaan-perusahaan minyak nasional dan internasional.

Bukan hanya itu, forum itu juga ekaligus menjadi wadah bertukar informasi mengenai teknologi dan tren terkini industri migas. Adapun penyelenggaraan OGA 2022 kali ini digabung dengan Malaysian Oil & Gas Services Exhibition and Conference (MOGSEC).

Baca Juga: SKK Migas Diminta Ikut Tangani Sampah di Kawasan IKN Nusantara

2. Pabrikan lokal penunjang industri hulu migas punya kualitas

SKK Migas Dukung Pabrikan Lokal Tembus Pasar Global, Begini LangkahnyaIlustrasi hulu migas (Dok. SKK Migas)

Di sisi lain, Erwin mengatakan bahwa daya saing dan kemampuan perusahaan dalam negeri tidak kalah dengan produk impor, termasuk pada produk-produk penunjang industri hulu migas. Keunggulan itu pun terlihat jelas dalam Forum Kapasitas Nasional 2022.

Saat ini ada begitu banyak barang dan jasa perusahaan dalam negeri dipakai oleh operator migas kelas dunia yang menjadi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) seperti Petronas, Eni, ExxonMobil atau Petrochina.

"Barang dan jasa perusahaan lokal itu digunakan karena berhasil memenuhi kualifikasi standar operator migas yang umumnya punya standar kualitas yang tinggi. Hal ini juga sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi untuk memperkuat produk dalam negeri, termasuk untuk bersaing di pasar dunia," kata Erwin.

Baca Juga: Kejar Target Lifting, SKK Migas Gaspol Peningkatan Produksi 

3. 20 pabrikan yang tergabung dalam Indonesia Pavilion

SKK Migas Dukung Pabrikan Lokal Tembus Pasar Global, Begini LangkahnyaKantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Erwin menambahkan, keterlibatan Indonesia Pavilion di acara OGA MOGSEC 2022 merupakan tindak lanjut dari kegiatan Forum Kapasitas Nasional 2022 yang baru saja dilaksanakan akhir Juli kemarin.

Di forum itu, SKK Migas melakukan seleksi kepada 20 pabrikan terbaik dalam negeri untuk dapat menunjukkan produk-produk andalannya, sekaligus mempertemukannya (business matchmaking) dengan perusahaan migas di Asia Pasifik seperti Petronas Malaysia, PTT Thailand, Exxonmobile Singapore, dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Adapun ke-20 pabrikan yang tergabung dalam Indonesia Pavilion antara lain adalah sebagai berikut:

Pertamina Group (Pertamina Sub Holding Utama, Pertamina Drilling Service Indonesia, dan Elnusa)
Pertamina Patraniaga
PT Teknologi Rekayasa Katup
PT Luas Birus Utama
PT IMECO Inter Sarana
PT Sagatrade Murni
PT Seamless Pipe Indonesia Jaya
PT Artas Energy Petrogas
PT Meindo Elang Indaah
PT Titian Service Indonesia
PT Dwi Sumber Arca Waja
PT Jotun Indonesia
PT Bukit Baja Nusantara
PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari
PT Rainbow Tubulars Manufacture
PT Fajar Benua Indopack
PT Krakatau Steel dan Krakatau Pipe Industries
PT Kairos Utama Indoesia
PT Pertamina International Shipping
PT Epsindo Jaya Pratama

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.