Note

Harga gas di Eropa terus anjlok namun tekanan masih belum berkurang

· Views 9

Harga gas di Eropa terus anjlok namun tekanan masih belum berkurang

Harga gas di Eropa mulai menurun tajam setelah melonjak pada Senin. Jadi, pada hari Selasa, 6 September, harga bahan bakar biru turun sekitar 12% dan pada saat bahan ini disiapkan, harganya di bawah $2.220 per 1.000 meter kubik.

Pasar mungkin dapat bernafas lega setelah ada berita besar tentang penghentian total pasokan gas dari Rusia ke Eropa melalui pipa Nord Stream, karena data baru tentang penumpukan cadangan gas Eropa memberi kawasan itu harapan untuk melewati musim dingin mendatang dengan aman. Dengan demikian, tingkat pengisian fasilitas penyimpanan Eropa pada 4 September meningkat secara signifikan, tingkat hunian keseluruhan telah mencapai lebih dari 81,9%. Hampir 90 miliar meter kubik gas telah dipompa ke fasilitas penyimpanan bawah tanah negara-negara Uni Eropa.

Tidak lama setelah diketahui bahwa Gazprom sepenuhnya menghentikan pemompaan gas ke Eropa melalui pipa Nord Stream dalam tempo waktu yang tidak ditentukan, menjelaskan keputusan ini dengan kerusakan teknis yang teridentifikasi. Benar, Siemens Energy sendiri tidak melihat alasan teknis penghentian pengoperasian pipa gas tersebut. Kebocoran yang teridentifikasi, menurut manajemen perusahaan, biasanya tidak mempengaruhi pengoperasian turbin dan dapat segera dihilangkan.

Awalnya, ada pengumuman bahwa pengoperasian Nord Stream akan dihentikan hanya selama tiga hari untuk memperbaiki satu-satunya unit pompa gas yang berfungsi di stasiun kompresor Portovaya. Transit gas benar-benar dihentikan pada 31 Agustus dan seharusnya dilanjutkan pada 2 September.

Setelah ada berita seperti itu, kontrak berjangka Oktober di hub TTF di Belanda melonjak 30% pada 5 September, hampir mencapai level $2.900 per 1.000 meter kubik.

Tingginya tingkat pengisian penyimpanan gas bukanlah alasan yang cukup untuk penurunan yang kuat dalam harga pertukaran untuk gas, meskipun saat ini penurunan dari nilai puncak baru-baru ini. Jelas, jika terjadi pendinginan parah di wilayah tersebut pada musim dingin ini, lebih banyak bahan bakar biru untuk memanaskan bangunan tempat tinggal dan non-perumahan di Eropa mungkin diperlukan. Itulah mengapa harga gas akan terus bergejolak.

Berita bahwa Komisi Eropa telah mengembangkan dua pagu harga untuk gas Rusia juga dapat berkontribusi pada penurunan harga gas hari ini.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan pendapat menarik tentang keseluruhan cerita ini, berbicara pada konferensi pers. Dia menyatakan bahwa krisis gas di Eropa merupakan konsekuensi dari sanksi dan sikap Uni Eropa terhadap Rusia. Menurut Erdogan, sikap Eropa terhadap presiden Rusia dan penerapan sanksi yang menyebabkan tanggapan yang terakhir, yang membentuk situasi sulit saat ini di kawasan itu menjelang musim dingin. Pemimpin Turki itu juga menyarankan bahwa masalah yang sangat serius menunggu Eropa dalam bulan-bulan dingin mendatang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.