Note

Aktivitas Bisnis di Jerman Merosot Tajam, Ancaman Resesi Kian Nyata

· Views 31
Aktivitas Bisnis di Jerman Merosot Tajam, Ancaman Resesi Kian Nyata
Aktivitas Bisnis di Jerman Merosot Tajam, Ancaman Resesi Kian Nyata (foto: MNC Media)

IDXChannel - Aktivitas bisnis dan perekonomian di Jerman disebut semakin memburuk signifikan, seiring krisis energi akut yang tengah terjadi di negara tersebut.

Kondisi perang Rusia-Ukraina benar-benar membuat Jerman kekurangan pasokan energi secara massif, yang membuat dunia usaha menjadi turut terimbas.

BACA JUGA:
Jerman Janji Bakal Bantu Dana Rp2,9 Triliun bagi Pengungsi Ukraina

Hal ini terkonfirmasi dari hasil riset yang dirilis oleh Institute for Economic Research (IFO), di mana indeks aktivitas bisnis menurun dari semula di level 92,2 persen menjadi hanya 88, 6 persen.

“Resesi sudah di depan mata. Itu tidak bisa lagi dikesampingkan," ujar Kepala Survei IFO, Klaus Wohlrabe, sebagaimana dilansir Reuters, Senin (05/09/22). 

BACA JUGA:
Bakal Tembus 8,8 Persen, Inflasi Jerman Sudah Dekati Rekor 50 Tahun Terakhir

Saat ini Jerman disebut memang dalam tekanan besar dari penurunan pasokan gas yang semula didapat dari Rusia, dalam porsi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sementara itu, Rusia menutup pipa Nord Stream 1 yang memasok gas ke Jerman melalui dasar Laut Baltik selama 10 hari dan kemungkinan akan diperpanjang. 

Namun, regulator gas di Jerman mengatakan bahwa gas melalui pipa terus dipompa hanya sebesar 40 persen saja. Langkah- langkah tertentu harus segera dilakukan agar mencapai jumlah target sebesar 90 persen untuk menghadapi musim dingin ekstrim.

BACA JUGA:
Biaya Obligasi Jerman Melambung Terimbas Lonjakan Inflasi di Eropa

Pemerintah Jerman juga telah mengatakan bahwa akan memprioritaskan penduduk ketika ada penjatahan energi. Sementara, Flash Purchasing Managers' Index (PM) S&P Global untuk layanan Jerman dan turun menjadi 49,2 poin, hal tersebut meleset dari perkiraan awal yaitu di atas angka 50 poin. (TSA)

Penulis: Bayu Rama

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.