Note

Kementerian ESDM Bantah Intervensi Vivo untuk Naikkan Harga Jual BBM

· Views 23

Jakarta, IDN Times - Pemerintah membantah telah melakukan intervensi dalam penetapan harga jenis bahan bakar minyak umum (JBU) yang dijual oleh PT Vivo Energy Indonesia di SPBU-nya.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Dirjen Migas KemenESDM), Tutuka Ariadji mengatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191/2014 tentang tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM yang telah diubah terakhir kali dengan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2021.

Dalam beleid tersebut, pemerintah menetapkan tiga jenis BBM yang beredar di masyarakat, yakni jenis BBM tertentu (JBT) berupa BBM yang mendapat subsidi dan kompensasi seperti minyak tanah dan solar. Kemudian jenis BBM khusus penugasa (JBKP) berupa BBM yang tidak mendapatkan subsidi, tetapi mendapat kompensasi, yaitu bensin RON90, dan jenis BBM umum (JBU) berupa BBM di luar JBT dan JBKP.

"Menteri ESDM menetapkan Harga Jual Eceran (HJE) Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan, sedangkan HJE Jenis BBM Umum dihitung dan ditetapkan oleh Badan Usaha," kata Tutuka dalam pernyataan yang dikutip IDN Times dari situs resmi KemenESDM, Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Usai Diserbu, Stok Revvo 89 'Hilang' dari SPBU Vivo

1. Pemerintah hanya menetapkan formula batas atas

Kementerian ESDM Bantah Intervensi Vivo untuk Naikkan Harga Jual BBMSPBU Vivo Kapten Tendean, Jakarta Selatan (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Tutuka menambahkan, HJE JBU ditetapkan oleh badan usaha dan dalam upaya pengendalian harga di konsumen, pemerintah menetapkan formula batas atas.

Oleh karena itu, harga BBM mengacu kepada harga cuan pasar MOPS/Argus dan biaya distribusi dengan margin Badan Usaha maksimal 10 persen, seperti yang ditetapkan dalam Kepmen ESDM No 62.K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

"Berdasarkan hal tersebut, pemerintah akan menegur Badan Usaha apabila menjual BBM melebihi Batas Atas. Penetapan harga jual di SPBU saat ini merupakan kebijakan Badan Usaha yang dilaporkan ke Menteri cq. Dirjen Migas sehingga tidak benar pemerintah meminta Badan Usaha untuk menaikkan harga," ucap Tutuka.

Baca Juga: Menteri ESDM: Setiap Hari Rp1,2 Triliun Kita Bakar untuk BBM

2. SPBU Vivo jual BBM RON89 lebih murah dibandingkan Pertamina

Kementerian ESDM Bantah Intervensi Vivo untuk Naikkan Harga Jual BBMSPBU VIVO (Dok. Ditjen Migas KemenESDM)

Sebelumnya, Tutuka membenarkan kabar PT Vivo Energy Indonesia akan melakukan penyesuaian harga BBM RON 89, yaitu Revvo 89.

Harga BBM tersebut sebelumnya dijual seharga Rp8.900 per liter, lebih murah Rp1.100 dibandingkan harga Pertalite yang kini naik menjadi Rp10.000 per liter.

Tutuka mengatakan penyesuaian harga Revvo 89 tersebut merupakan keputusan dari PT Vivo Energy Indonesia, bukan permintaan dari pemerintah.

"Keputusan dari perusahaan," kata Tutuka kepada IDN Times, Minggu (4/9/2022).

3. Stok Revvo 89 hilang dari SPBU Vivo

Kementerian ESDM Bantah Intervensi Vivo untuk Naikkan Harga Jual BBMSPBU Vivo Kapten Tendean, Jakarta Selatan (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Per Minggu pagi kemarin, stok Revvo 89 tak dijual di gerai-gerai SPBU Vivo. Misalnya di SPBU Vivo MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan; dan SPBU Vivo di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Menurut salah satu petugas pengisi BBM, stok Revvo 89 habis usai diserbu masyarakat pada Sabtu malam.

"Revvo 89 lagi kosong, habis semalam," kata petugas tersebut.

Baca Juga: Harga BBM Subsidi Mau Naik, Sudirman Said: Putuskan, Jangan Ditunda

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.