Note

5 TIPS BELAJAR SAHAM KHUSUS UNTUK INVESTOR PEMULA

· Views 30
5 TIPS BELAJAR SAHAM KHUSUS UNTUK INVESTOR PEMULA

Saham, adalah instrument investasi yang modalnya bisa disesuaikan. Sudah banyak saham yang harganya sangat terjangkau. Sebelum memulai investasi, pemula disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Belajar saham bisa dilakukan dari mana saja, salah satunya adalah dari artikel ini.

Tips Belajar Saham Khusus untuk Pemula

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk mempelajari seluk beluk dari investasi saham. Ada banyak kelas-kelas pembelajaran yang tersedia secara online baik berbayar maupun gratis. Pemula pun bisa membuka video-video Youtube atau belajar dari artikel-artikel yang tersedia.

5 TIPS BELAJAR SAHAM KHUSUS UNTUK INVESTOR PEMULA

Di bawah ini adalah tips belajar saham khusus untuk pemula yang benar-benar baru akan terjun ke dunia investasi saham :

1.Tentukan Tujuan

Apabila ingin berinvestasi di dunia saham, sebaiknya tentukan tujuan investasi terlebih dahulu. Apakah investasi dilakukan untuk jangka pendek (trading), menengah atau jangka panjang. Dengan menentukan tujuan investasi, langkah ke depannya akan jelas dan bisa menetapkan strategi-strategi yang tepat.

Investor pemula yang cenderung hanya ikut-ikutan tren biasanya tidak akan bertahan lama. Ini dikarenakan mereka tidak memiliki tujuan yang jelas untuk apa investasi tersebut dilakukan. Akhirnya, investasi pun tidak konsisten dan bubar di tengah jalan.

2.Mempelajari Karakteristik Instrumen Investasi

Dalam hal ini tentu yang harus dipelajari adalah seperti apa karakteristik dari investasi saham. Tujuannya adalah untuk mengetahui seperti apa profil risiko dari masing-masing investor. Dalam investasi saham sendiri, dikenal dengan adanya risiko sistematis dan risiko tidak sistematis.

Risiko sistematis adalah risiko yang dapat terjadi dari segala aspek. Sedangkan risiko tidak sistematis, bisa dimitigasi dan diminimalisir oleh investor. Cara meminimalisirnya adalah dengan melakukan diversifikasi saham.

Selain karakter risiko dari masing-masing saham, investor juga harus mempelajari keuntungan apa saja yang akan didapatkan seperti deviden dan capital gain.

3.Belajar Teknik Analisis Saham

Untuk mengetahui saham apa yang paling tepat untuk dimiliki, kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjualnya, harus ditetapkan dengan melakukan Analisa terlebih dahulu. Inilah pentingnya seorang investor harus mau belajar mengenai teknik analisis saham.

Analisis saham yang harus dipelajari meliputi analisis fundamental dan analisis teknikal. Dengan mempelajari kedua analisis ini, investor tidak akan mudah FOMO (fear of missing out) dan dapat dengan mantap menentukan pilihan.

4.Perkaya Khasanah Literasi Keuangan

Di dalam investasi saham, investor pemula akan menemukan banyak sekali istilah-istilah yang mungkin sangat asing dan belum pernah terdengar sebelumnya. Belajarlah sedikit demi sedikit mengenai istilah-istilah yang ada seperti ARA, ARB, ask price, bid price dan lainnya.

5.Pilih Sekuritas yang Legal

Saat ini, ada banyak sekali platform online yang menawarkan masyarakat untuk berinvestasi saham. Mulai investasi saham pun sudah sangat mudah karena masyarakat bisa membuka rekening sekuritas dan membeli saham tanpa harus pergi ke perusahaannya langsung.

Kemudahan ini kemudian banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebabnya, penting sekali untuk memilih perusahaan sekuritas yang legal dan terpercaya. Pilihlah perusahaan sekuritas yang memang terdaftar di OJK dan diawasi langsung oleh pihak berwenang.

Jangan sampai, niat hati ingin berinvestasi untuk masa depan, justru boncos terjebak investasi bodong.

 

5 tips belajar saham khusus untuk pemula di atas bisa langsung diterapkan oleh siapapun yang ingin terjun ke dunia investasi saham. Yuk, mulai dari sekarang!

Saat ini pemula tidak perlu bingung harus belajar trading saham yang lengkap dan terstruktur darimana, karena astronaccishop.com menyediakan panduan wajib untuk pemula belajar trading saham dengan MUDAH dan MURAH!

Klik disini untuk dapatkan video edukasinya ya.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 878-7283-4897cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.