Note

Bagaimana Korporasi Swasta Terlibat dalam Penurunan Angka Stunting?

· Views 37

Jakarta, IDN Times – Pengentasan stunting merupakan salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Berdasarkan data survei status gizi balita Indonesia (SSGBI), angka stunting di Indonesia mencapai 27,67 persen pada 2019. Adapun target yang dicanangkan Jokowi adalah prevalensi stunting di Indonesia berada di bawah 14 persen pada tahun 2024.

"Saya mengajak kepada seluruh kekuatan bangsa untuk bergerak bersama-sama, bekerja bersama-sama, bersinergi bersama-sama untuk menurunkan stunting dan seluruh akar masalahnya," kata Jokowi pada Juli lalu.

Kemudian, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendi, juga mengajak perusahaan swasta terlibat aktif dalam menekan angka stunting. Menurutnya, perusahaan swasta dan BUMN bisa membuat program penanganan stunting dalam kerangka Corporate Social Responsibility (CSR)

Salah satu perusahaan swasta di Indonesia yang memiliki komitmen dalam memerangi stunting adalah Kalbe Farma. Perusahaan farmasi yang berdiri pada 1966 ini memiliki banyak program untuk menekan angka stunting, mulai dari membagikan susu dan vitamin hingga edukasi kepada ibu hamil serta menyusui.

1. Berikut progam Kalbe dalam upaya menurunkan stunting

Bagaimana Korporasi Swasta Terlibat dalam Penurunan Angka Stunting?Ilustrasi anak stunting (ANTARA FOTO)

Isu stunting menjadi fokus Kalbe Farma yang sesuai dengan tagline perusahaan, yaitu Bersama Sehatkan Bangsa.

Laporan keberlanjutan terkait stunting sendiri sudah dilakukan sejak 2019 di Nusa Tenggara Timur. Juga dilakukan di Sleman dan Madiun pada 2021 dengan menggandeng BKKBN serta KlikDokter dalam edukasi digital.

Pada 2022, Kalbe menggandeng Universitas Yarsi untuk berkolaborasi melawan stunting dalam bentuk edukasi kesehatan, dukungan produk nutrisi untuk perbaikan gizi, dan pengurangan prevalensi stunting.

“PT Kalbe Farma menargetkan program ini yang tidak hanya memberikan dukungan produk, namun juga penelitian untuk membandingkan kondisi saat ini dan kondisi di akhir program, mengenai tolak ukur perbaikan gizi,” tutur Sustainability Manager PT Kalbe Farma Tbk, Abi Nisaka

Baca Juga: Bergandeng Tangan Menurunkan Angka Balita Stunting di Kota Bandung

2. Ini harapan dari kolaborasi Kalbe dengan Universitas Yarsi

Bagaimana Korporasi Swasta Terlibat dalam Penurunan Angka Stunting?Sosialisasi pencegahan stunting di Nusa Tenggara Timur. (instagram.com/bkkbnofficial)

Kolaborasi Kalbe dengan Universitas Yarsi merupakan bentuk CSR dalam pilar Access to healthcare PT Kalbe Farma. Abi mengatakan, kerja sama dengan Universitas Yarsi akan berlangsung selama 2 tahun ke depan dan sudah dimulai pada 15 Juli 2022.

“(Kalbe dan Universitas Yarsi) sudah menyiapkan fasilitas edukasi, pengukuran parameter gizi, serta penyaluran produk susu untuk ibu hamil termasuk jalur distribusi dan penyimpanan di sana. Program ini untuk awalnya dilakukan selama 6 bulan terhadap 60 ibu hamil. Seiring berjalannya program, tentu ada evaluasinya untuk dilihat perkembangannya,” kata Abi.

“Bersama Universitas Yarsi, kita mau melihat apa dampaknya, dari awal sampai setelah enam bulan. Kalau di-review dan makin baik, kita akan implementasikan di tempat lain. Kita mengharapkan, di akhir kita bisa lihat apakah status gizi ibu betul bisa menjadi baik. Juga begitu melahirkan, anak-anaknya dalam kondisi optimal, berat badannya pun ideal,” tambahnya.

3. Apa sih penyebab stunting? 

Bagaimana Korporasi Swasta Terlibat dalam Penurunan Angka Stunting?ANTARA FOTO/Maulana Surya

Menurut Head of Kalbe Nutritionals Research Center PT Kalbe Farma Tbk, Iwan Surjadi Handoko, stunting adalah kondisi ganguan tumbuh kembang anak yang ditandai dengan tinggi badan pada usia lebih dari 2 tahun tidak sesuai yang seharusnya, atau berada di bawah pita hijau pada kurva perbandingan tinggi badan dengan umur.

Stunting terjadi karena adanya kekurangan nutrisi yang berulang atau berkepanjangan, sehingga disebut dengan sindrom atau kumpulan gejala, bukan penyakit,” tambahnya.

Iwan menjelaskan, penyebab utama stunting adalah malnutrisi pada bayi yang bisa saja terjadi sejak masa kandungan. Dalam hal ini, sang ibu mengalami kekurangan gizi atau asupan nutrisi. Pola makan tidak baik mengakibatkan ibu sering sakit flu, batuk, diare, sehingga penyerapan ibu untuk janin kurang baik.

Baca Juga: Stunting di Indonesia, Benang Kusut yang Sulit Diurai

Baca Artikel Selengkapnya
Bagaimana Korporasi Swasta Terlibat dalam Penurunan Angka Stunting? Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.