Note

Bakal Fokus ke Pembiayaan Konsumen, Ini Strategi BRI Finance

· Views 22

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pembiayaan PT BRI Multifinance Indonesia atau BRI Finance terus bertransformasi untuk fokus pada segmen pembiayaan konsumen.

Direktur Utama BRI Finance Azizatun Azhimah mengatakan, pihaknya menargetkan komposisi pembiayaan konsumen naik pada kisaran 70 persen. Sedangkan, sisanya yakni 30 persen untuk pembiayaan komersial.

"Kami akan terus berinovasi, menjalankan transformasi di berbagai proses bisnis dan operasional. Menjadi lebih cepat melalui proses fast track approval, hingga memperluas coverage pemasaran dengan penempatan relationship manager di gerai induk usaha yaitu BRI," kata dia dalam siaran pers, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: BRI Finance Sasar Pembiayaan Konsumer hingga 70 Persen dari Total Portofolio

Ia menambahkan, transformasi menjadi multifinance yang fokus pada segmen pembiayaan konsumen telah dilakukan sejak 2019. Namun, baru pada tahun 2022 perusahaan berhasil memacu pertumbuhan segmen konsumer secara lebih agresif di tengah permintaan tinggi di pasaran.

Azizah mengaku, porsi pembiayaan konsumen dibandingkan dengan pembiayaan komersial BRI Finance terus meningkat secara konsisten. Misalnya, Pada 2020 komposisinya masih 35 berbanding 65 persen.

Lalu, perbandingan pembiayaan konsumen dan komersial berbalik menjadi 59 berbanding 41 persen pada 2021.

"Perbandingan konsumer dan komersial terus meningkat menjadi 68 berbanding 32 persen per Mei 2022," jelas dia.

Untuk terus menggenjot transformasi ini, Azizah telah meramu beberapa inisiatif. Pertama, BRI Finance mengimplementasikan branchless financing melalui penempatan tenaga pemasar di unit kerja BRI. BRI Finance sudah menempatkan tenaga pemasar di 175 unit kerja BRI. Ke depan, penempatan tenaga pemasar di cabang BRI pun akan diperluas.

Baca juga: BRI Finance Targetkan Pembiayaan Konsumer Capai Rp 4,1 Triliun Tahun 2022

Sebab BRI Finance ingin mengoptimalkan akses pada 120 juta nasabah potensial dari BRI Group.

Ia bilang, hal itu merupakan salah satu bentuk optimalisasi penunjukan BRI Finance sebagai Single Gateway Auto Loan BRI Group atau pengalihan seluruh bisnis otomotif BRI Group ke perusahaan yang sudah dilakukan sejak tahun 2020. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.