Note

Tips MotionTrade: Mengenal Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Fungsinya

· Views 9
Tips MotionTrade: Mengenal Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Fungsinya MNC Sekuritas (Foto: Okezone.com/MNC Sekuritas)

JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, kini MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Dalam dunia investasi, tentunya istilah IHSG sudah tidak asing lagi bagi investor. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) atau Indonesia Composite Index (ICI) merupakan indeks saham yang digunakan untuk mengukur kinerja seluruh saham yang terdapat pada Papan Utama dan Papan Pengembangan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BACA JUGA:MNC Sekuritas Dukung Kompetisi Investment Challenge 2022 di Binus University

IHSG menunjukkan rata-rata pergerakan seluruh saham di bursa, sehingga dijadikan sebagai tolok ukur utama untuk melihat kenaikan dan penurunan saham di pasar modal Indonesia. Tentunya IHSG memiliki beberapa fungsi, seperti yang dirangkum oleh MotionTrade berikut ini:

1. Indikator Pergerakan Pasar Modal dan Sentimen Pasar

Fungsi utama IHSG yaitu untuk melihat pergerakan saham di bursa yang menggambarkan kondisi pasar modal terkini. Apabila tren IHSG meningkat, artinya harga mayoritas saham juga sedang naik, begitu pula sebaliknya. Pergerakan IHSG ni juga dapat dijadikan salah satu acuan dalam menilai sentimen pasar atau kepercayaan investor.

2. Mengukur Tingkat Keuntungan dan Menjadi Acuan dalam Berinvestasi

BACA JUGA:MNC Sekuritas Resmikan Galeri Investasi Edukasi SMAN 1 Babakan Madang   

Selain menggambarkan kondisi pasar, Anda dapat memanfaatkan IHSG sebagai benchmark dalam membandingkan besaran persentase keuntungan dari produk investasi di portofolio Anda. Dengan melihat kondisi pasar dan menghitung estimasi keuntungan, tentunya akan membantu Anda dalam mengambil keputusan apakah akan membeli atau menjual saham tersebut.

Baca Juga: Telkom Terima Penghargaan ICAII 2022 Berkat Inovasi MyDigiLearn

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.