Note

Permudah Masyarakat Punya Rumah, UUS BTN Salurkan Tapera Syariah untuk ASN

· Views 15

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN Syariah menjadi bank pertama yang menyalurkan Tabungan Perumahan (Tapera) Syariah dari Badan Pengelola Tapera.

Produk Tapera Syariah ini dikhususkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin membeli rumah dengan skema syariah dengan masa kepesertaan minimal 12 bulan.

Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar berharap produk Tapera Syariah ini dapat memudahkan masyarakat untuk memiliki rumah impian.

"Kami sangat mengapresiasi BP Tapera yang telah menambah produk KPR Tapera syariah yang memang telah ditunggu oleh masyarakat, dan BTN Syariah sangat bangga menjadi Bank pertama yang menyalurkan Tapera Syariah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Sri Mulyani: Jika Inflasi Tinggi, Masyarakat Semakin Sulit Beli Rumah

Program Tapera Syariah ini digunakan untuk memfasilitasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pembiayaan Renovasi Rumah (PRR) dan Pembiayaan Bangun Rumah (PBR). Syaratnya, nasabah harus terdaftar dan terverifikasi pada aplikasi Sistem Informasi BP Tapera (SITARA).

"Dengan memenuhi persyaratan yang ada, masyarakat khususnya ASN dapat mendapatkan fasilitas pembiayaan perumahan akad murabahah (jual- beli), dan Tapera Syariah sangat menarik karena uang muka mulai dari 0 persen, marjin tetap sebesar 5 persen sampai lunas dengan jangka waktu maksimal 30 tahun," jelas Hirwandi.

Dia menjelaskan, untuk mendorong sosialisasi produk BP Tapera ini, BTN Syariah dan induk usahanya mengadakan Program Grebek Pemda yang sudah berlangsung sejak bulan November 2021.

Baca juga: Pajak Rumah dan Tempat Usaha Gratis untuk Warga DKI Jakarta, Ini Ketentuannya

Program tersebut memiliki agenda mensosialisasikan program Tapera dan Tapera Syariah bekerja sama dengan BP Tapera melalui kunjungan langsung ke BKD Provinsi di Seluruh Indonesia. Salah satunya di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

"Aceh memiliki potensi yang besar, ada sekitar 2.000 ASN yang belum memiliki rumah sendiri yang akan menjadi target utama produk Tapera Syariah, sementara target awal dari penyaluran penyaluran KPR Tapera Syariah di lantor cabang syariah sendiri Banda Aceh sebanyak 95 unit," ucapnya.

Baca juga: Kenaikan Harga Komoditas Bikin Milenial Susah Punya Rumah? Ini Kata BTN

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.