Note

Tips Mengatur Gaji Pertama Biar Gak Cepat Menguap

· Views 38

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tidak senang mendapat gaji pertama di tempat kerja setelah bertahun-tahun menempuh pendidikan dan melamar ke sana ke mari. Tapi kesenangan tersebut jangan sampai membuat kita kebablasan menggunakan uang dari gaji pertama.

Melihat saldo di rekening terisi di akhir bulan berkat jerih payah sendiri memang tak ternilai harganya. Tapi hati-hati, kamu harus tahu seperti apa tips alokasi gaji pertama.

Berikut tipsnya dikutip IDN Times dari Bank Neo Commerce!

Baca Juga: Kisaran Gaji Fresh Graduate di Indonesia, Ada Pekerjaan Pilihanmu?

1. Langsung atur anggaran pengeluaran

Tips Mengatur Gaji Pertama Biar Gak Cepat Menguapilustrasi anggaran (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat menerima gaji pertama, mungkin banyak keinginan yang tiba-tiba terlintas di pikiran. Hal itu sah-sah saja, yang penting tetap cermat, apalagi jika kamu tipe orang yang impulsif.

Berapapun jumlahnya, kalau kamu gagal membuat rencana keuangan sejak awal, setelah kerja bertahun-tahun pun kamu masih bisa merasa kewalahan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melakukan budgeting. Buat daftar pos-pos pengeluaran yang kamu anggap penting.

Mulailah dengan kebutuhan utama seperti bayar kosan, makan harian, transportasi, paket data, dan lain-lain. Selanjutnya bisa kamu atur sesuai prioritasmu.

Baca Juga: Kenali 5 Tips Aplikasi Keuangan Ini, Biar Gak Boncos!

2. Hati-hati dengan gaya hidup yang bikin boros

Tips Mengatur Gaji Pertama Biar Gak Cepat MenguapIlustrasi Belanja. (IDN Times/Aditya Pratama)

Punya penghasilan sendiri tidak jarang membuat gaya hidup seseorang jadi ikut berubah. Saat punya uang, apakah kamu termasuk orang yang jadi suka belanja? Apakah pengeluaranmu jadi lebih besar dibanding sebelumnya?

Tentu tak ada salahnya kamu mengapresiasi diri setelah memperoleh gaji pertama asal disertai dengan pertimbangan yang bijak. Jangan sampai kamu terjebak dalam gaya hidup boros dan impulsif. Ingat, hemat bukan berarti menyiksa diri, tapi mendisiplinkan diri.

Baca Juga: Yuk, Mulai Terapkan 5 Kebiasaan Ini untuk Merdeka Finansial 

3. Biasakan menabung di awal bulan

Tips Mengatur Gaji Pertama Biar Gak Cepat MenguapIlustrasi Menabung. (IDN Times/Aditya Pratama)

Coba membiasakan diri menabung di awal bulan atau segera setelah gajian. Bukan menabung dari sisa-sisa pengeluaran. Untuk melancarkan niat baik ini, gunakan rekening berbeda, khusus untuk tabungan.

Jadikanlah menabung sebagai kebiasaan, hitung-hitung untuk mempersiapkan dana darurat juga. Agar ketika ada kejadian yang tak terduga, kamu gak pusing-pusing cari pinjaman.

Sekalipun gajimu belum besar, punya tabungan bisa membantumu mengamankan kondisi keuangan. Selain itu, tabungan juga bisa membantu kamu lebih mudah melakukan investasi di masa yang akan datang.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.