Note

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian Berkonsep Green & Smart Building

· Views 24
Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian Berkonsep Green & Smart Building
Gedung Menara BRILiaN. (Dok: BRI)

Suara.com - Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan peresmian gedung baru “Menara BRILiaN”, Rabu (17/8/2022). Gedung bernuansa Green & Smart Building ini dibangun di lahan seluas 8200 M2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Peresmian Menara BRILiaN tersebut dihadiri oleh Direktur Utama BRI, Sunarso, yang menandatangani secara langsung prasasti Menara BRILiaN, serta jajaran Direksi BRI, jajaran Direksi Perusahaan Anak BRI, Senior Leader BRI, serta perwakilan pekerja BRI Group.

Dalam sambutannya, Sunarso menjelaskan, pembangunan Menara BRILiaN ini merupakan bentuk optimalisasi lahan BRI yang berada di lokasi strategis. Menara BRILiaN mengintegrasikan unit kerja BRI Group, yang sementara ini masih tersebar di beberapa lokasi dan beberapa masih berstatus sewa.

Selain itu, adanya gedung baru ini diharapkan dapat meningkatkan layanan BRI Group kepada masyarakat di kota Jakarta. Menara BRILiaN juga akan menambah landmark atau icon tambahan di Kota Jakarta.

Baca Juga: BRI Optimistis Mampu Capai Target Wholesale Funding hingga Lebih dari 50% pada 2024

“Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini menjadi momentum yang tepat untuk melakukan peresmian Menara BRILian dan menjadi babak baru bagi seluruh insan BRILian (Pekerja BRI), agar dapat menorehkan kinerja terbaiknya, serta dapat terus mencatatkan pencapaian baru,” ucap Sunarso.

Menara BRILian sendiri mulai dibangun sejak 20 Desember 2018 dan selesai pada Juni 2021. Bangunan yang memiliki 37 lantai ini akan difungsikan sebagai tempat bekerja BRI Group hingga operasional layanan Kantor Cabang (Kanca) Menara BRILian untuk melayani berbagai kebutuhan nasabah.

Komitmen pembangunan green & smart building sejalan dengan upaya BRI untuk terus meningkatkan penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam seluruh operasional bisnisnya. BRI menjadi market leader penerapan ESG di Indonesia.

Menara BRILian telah mendapatkan sertifikasi green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI) kategori gold. Dengan demikian, Menara BRILian secara life cycle-nya, dimulai dari tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, hingga renovasinya mampu menciptakan dampak positif terhadap iklim dan lingkungan.

Beberapa aspek unggulan dalam penerapan green building di Menara BRILian antara lain, area hijau seluas 1.356 meter persegi, atau setara 11,05% dari total luas bangunan. Kemudian efisiensi sumber daya dengan teknologi terbarukan, penerapan konsep zero run off dalam aspek konservasi dan pengelolaan air hujan, material reuse & cycle yang dapat menghemat konsumsi energi listrik sebesar 19,29% dari desain konvensional, hingga building environment management yang unggul.

Baca Juga: Semakin Kuat Terapkan ESG, Kredit Berkelanjutan BRI Tembus Rp657,1 Triliun

Di sisi lain, Menara BRILiaN juga mengusung konsep smart dengan penerapan teknologi dan digitalisasi di berbagai aspek. Hal ini dapat ditinjau di antaranya terintegrasi dengan IBMS (Integrated Building Management System) agar semua subsystem terkait ter-monitoring secara terpusat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.