Note

Tanggap Perubahan Iklim, BBTN Masuk Pemantauan Wahana Investasi Bermodal USD110 Triliun

· Views 42

Pasardana.id-  PT Bank Tabungan Negara Tbk (IDX:BBTN)  menjadi satu-satunya perbankan yang menjawab kuesioner perubahan iklim, mendapatkan rating penilaian, dan dipublikasikan pada situs resmi Carbon Disclosure Project (CDP).

CDP merupakan wahana yang lahir pada tahun 2000 di London, Inggris yang didigunakan oleh sekitar 590 investor yang memegang total modal senilai USD110 triliun dan 9.600 perusahaan di seluruh dunia termasuk BBTN. 

Sebagai informasi, CDP merupakan organisasi internasional yang bersifat independen. Organisasi tersebut memegang koleksi data global terbesar mengenai perubahan iklim, hutan, dan air. CDP juga menjadi jantung dari investasi serta keputusan dan kebijakan bisnis.

Pendiri BGK Foundation,  Deni Daruri mengabarkan,  CDP memberikan rating C kepada BBTN dalam kuesioner perubahan iklim. Dibandingkan dengan 2019, kata Deni, rating BBTN naik 4 level, dari rating F atau tidak merespon menjadi C di 2021.BGK sendiri merupakan bagian dari CDP tersebut.

Karena itu, Pada 2021 CDP mengapresiasi pengungkapan dan kinerja Bank BTN terkait perubahan iklim (climate change).

"Rating C sendiri berarti perusahaan telah memasuki level awareness terkait perubahan iklim, memiliki pemahaman terkait isu perubahan iklim dan dampak yang dihasilkan," papar Deni kepada media, Senin(15/8/2022).

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dan konsistensi dari BBTN dalam memerangi perubahan iklim. Bank BTN telah memetakan berbagai risiko dan peluang terkait perubahan iklim, mengukur dampak finansial yang terjadi, serta mengukur strategi dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi risiko dan peluang perubahan iklim," papar Deni.

Berbagai kegiatan penghematan energi dan pembiayaan hijau, kata Deni, juga telah dilakukan BBTN sejalan dengan program-program Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) perseroan.

"Dengan transparansi dan usaha peningkatan kinerja perubahan iklim, Bank BTN turut berkontribusi dalam upaya pencapaian penurunan emisi nasional dan global," ungkap Deni.

Menanggapi capaian itu, .Direktur Utama BBTN, Haru Koesmahargyo mengatakan, perseroan berkomitmen penuh dalam memerangi perubahan iklim. Sebagai wujud komitmen tersebut, seluruh pembiayaan perumahan yang disalurkan perseroan wajib memiliki Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

adanya apresiasi dari CDP,menjadi bukti dari upaya perseroan mengutamakan  kelangsungan lingkungan hidup dalam menjalankan bisnisnya.

“Apresiasi ini menjadi motor penyemangat bagi Bank BTN untuk terus berjuang dalam memerangi perubahan iklim yang semakin terasa dari waktu ke waktu. Karena kami tidak hanya membiayai rumah sebagai tempat tinggal, tapi juga turut menjaga bumi sebagai tempat hidup yang aman,” jelas Haru.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.