Note

Kementerian PUPR Selesai Bangun Embung di Kawasan Ponpes Mu'allimin

· Views 25

Pasardana.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan lima embung di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), salah satunya Embung Mu'allimin. 

Embung tersebut lokasinya berdekatan dengan Rusun Mu'allimin yang dihuni oleh 320 santri/siswa dalam satu kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Muhammadiyah Mu'allimin yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada (10/9/2021) silam.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, penyediaan sarana dan prasarana air adalah untuk meningkatkan ketahanan air dan kedaulatan pangan.

“Di beberapa daerah masih terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih. Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR agar selalu berupaya menyediakan infrastruktur salah satunya melalui pembangunan embung,” kata Menteri Basuki, seperti dilansir dari siaran pers, Senin (15/8/2022).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan, pada saat peresmian Rusun Mu'allimin, embung masih dalam tahap pekerjaan. 

"Kini Embung Mu'allimin dengan volume 1.200 m3 telah selesai untuk mengairi sawah 10 ha di sekitarnya, menjadi ruang publik sekaligus mempercantik kawasan Masjid di Ponpes Mu'allimin," kata Endra. 

Embung Mu'allimin di Kabupaten Bantul tersebut dibangun dengan biaya Rp6,1 miliar dengan kapasitas tampung 1.200 m3 dan luas genangan 0,0578 ha.

Manfaat utamanya adalah untuk konservasi air, pengendalian banjir dan pengairan irigasi seluas 10 ha, serta potensi destinasi wisata baru.

Embung merupakan salah satu teknik pemanenan air yang sangat sesuai di daerah yang sering mengalami kekeringan.

Embung berfungsi untuk mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan air untuk berbagai kebutuhan masyarakat, yaitu menyimpan air pada saat musim penghujan untuk dapat dimanfaatkan pada waktu diperlukan.

Selain itu, embung juga berfungsi untuk mengisi kembali air tanah sebagai upaya konservasi sumber daya air.

Lebih jauh, embung yang menyatu dengan kawasan Ponpes Mu'allimin sangat bermanfaat untuk para santri dan pengunjung untuk menikmati suasana sore di sekitar masjid, ada yang murajaah menghafal Al-Quran, ada yang mengobrol, serta area embung juga dilengkapi pos pantau di dekatnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.