Note

Naik 63 Persen, Laba Bersih Citi Indonesia Capai Rp 750 Miliar

· Views 23

JAKARTA, KOMPAS.com - Citi Indonesia membukukan laba bersih di Semester I-2022 sebesar Rp 750 miliar. Capaian ini meningkat 63 persen dibandingkan Semester I-2021.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, peningkatan laba bersih ini didukung oleh lebih rendahnya biaya cadangan penurunan nilai kredit di lini institutional banking.

"The biggest driven daripada performance ini adalah lebih rendahnya biaya cadangan penurunan di lini bisnis institutional banking," ujarnya saan konferensi pers di Hotel Langham, Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Pengusaha Dapat Stimulus di Sektor Usaha Jasa Konstruksi

Dia menjelaskan, portofolio kredit Citi di periode ini meningkat 9,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 43,7 triliun.

Adapun kontribusi utama pertumbuhan portfolio kredit berasal dari lini bisnis institutional banking, terutama pada sektor industri manufaktur dan perantara keuangan.

Pertumbuhan portofolio kredit perseroan ditunjang oleh tingkat kualitas dana pihak ketiga (DPK) berkelanjutan yang tumbuh sebesar 11,1 persen.

Penghimpunan DPK ini memungkinkan perseroan untuk mencatatkan Loan to Deposit Ratio (LDR) yang sehat sebesar 64 persen.

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat 1,05 Persen, 3 Emiten Ini Catatkan Kenaikan Saham Paling Tinggi

Selain sangat likuid, perseroan juga memiliki tingkat kecukupan modal yang sangat baik dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 26 persen.

Kemudian, Citi Indonesia mencatatkan penurunan gross kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) dari 3,61 persen menjadi 2,86 persen dari periode yang sama tahun lalu. Hal ini mencerminkan peningkatan kualitas asset.

"Kami yakin bahwa kualitas portfolio kredit kami tetap dalam kondisi baik karena penerapan prinsip kehati-hatian dalam manajemen resiko untuk mengatasi dampak pencadangan kerugian kredit, di mana kami menjaga rasio Net NPL tetap rendah yaitu sebesar 0,26 persen dari pandemi," imbuhnya.

Baca juga: Ini Keuntungan yang Bisa Didapat Mitra GoFood lewat Kolaborasi Bank Jago dan GoTo Financial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.